Thorita, Shanny Phopy (2021) Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Untuk Pembelajaran Penguatan Pendidikan Karakter Di Kelas IV SD. S2 thesis, Magister Pendidikan Dasar.
![]() |
Text
0. Cover_SPT.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_Tesis.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
Abstract
ABSTRAK PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA UNTUK PEMBELAJARAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KELAS IV SD Oleh : SHANNY PHOPY THORITA NIM: P2A619034 (Program Studi Magister Pendidikan Dasar) Penelitian yang dilakukan oleh penulis merupakan penelitian pengembangan buku cerita bergambar sebagai media bantu untuk siswa dalam pembelajaran penguatan pendidikan karakter di kelas tinggi. Pengembangan ini berawal dari pengamatan peneliti dalam pembelajaran penguatan pendidikan karakter yang kurang lengkap dalam hal ini guru dapat menggunakan media yang menarik sebagai pendukungnya dengan buku cerita bergambar “Sahabat yang Solid” cerita tentang kerja sama. Pada kesempatan ini, peneliti menggunakan jenis penelitian dan pengembangan R & D (Research and Development) proses pengembangan buku cerita bergambar tersebut menggunakan model 4D (Define, Design, Development, and Dessiminate) modifikasi Thiagraajan dalam Sugiyono, yaitu pendefisian masalah dengan menetapkan produk yang akan dikembang; merancang produk. Pengembangan produk dengan menguji validitas secara berulang-ulang sampai dihasilkan produk sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan; menyebarluaskan produk sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan; menyebarluaskan produk yang telah di uji. Validasi dilakukan oleh seorang ahli media, ahli materi, satu guru kelas IV SD dan peserta didik kelas IV SD. Skor rata-rata yang diperoleh dari hasil validasi media 4,23 dengan kategori sangat valid, validasi materi 4,22 dengan kategori sangat valid, respon guru 98% dengan kategori sangat praktis, sehingga layak digunakan pada tahap uji coba. Uji coba dilakukan kepada 6 (enam) peserta didik kelas IV untuk mengetahui pendapat peserta didik mengenai kualitas buku cerita bergambar tersebut. Dalam penelitian tersebut peserta didik memberikan respon sangat menarik dan praktis. Kata kunci: penelitian pengembangan, buku cerita bergambar, media pembelajaran, penguatan pendidikan karakter, gotong royong.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | SHANNY PHOPY THORITA |
Date Deposited: | 05 Jul 2021 02:26 |
Last Modified: | 05 Jul 2021 02:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22216 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |