Hestiantari, Niken Ayu (2021) ANALISIS PENERAPAN MODEL TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN ZOOM DAN WHATSAPP PADA MATERI REDOKS DAN KORELASINYA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
NIKEN AYU HESTIANTARI (A1C117033).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER NIKEN.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERNYATAAN.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
Abstract
ABSTRAK Hestiantari, N.A., 2021 Analisis Penerapan Model Teams Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Zoom dan Whatsapp pada Materi Redoks dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing Skripsi I: Dr. Drs. Harizon, M.Si., Pembimbing Skripsi II: Dr. Drs. Syamsurizal, M.Si. Kata Kunci: Model Teams Assisted Individualization (TAI), Zoom dan Whatsapp, Kemampuan Berpikir Kreatif, Redoks Kompetensi yang diharapkan pada abad ke-21 adalah berpikir kreatif. Berpikir kreatif adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menentukan cara-cara baru dalam melihat suatu permasalahan. Pada awal tahun 2020, secara resmi Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menetapkan adanya Covid-19. Akibatnya proses pembelajaran dialihkan dalam jaringan. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif selama pembelajaran dalam jaringan yaitu model Teams Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Teams Assisted Individualization berbantuan zoom dan whatsapp dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi redoks di kelas X MIPA SMAN 10 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Method (campuran) dengan jenis model Triangulasi Konkuren. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIPA 2 SMAN 10 Kota Jambi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi pelaksanaan model Teams Assisted Individualization berbantuan zoom dan whatsapp oleh guru dan siswa dan soal tes essay kemampuan berpikir kreatif siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Product Moment dan selanjutnya untuk melihat seberapa kuat korelasinya dilakukan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa penerapan model Teams Assisted Individualization berbantuan zoom dan whatsapp oleh siswa sebesar 36,00 dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kreatif sebesar 44,56 dengan kategori cukup baik. Hubungan pelaksanaan model Teams Assisted Individualization berbantuan zoom dan whatsapp dengan kemampuan berpikir kreatif diperoleh rxy = 0,67 dengan tingkat hubungan kuat. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 44,47% dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model Teams Assisted Individualization berbantuan zoom dan whatsapp memiliki korelasi dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi redoks di kelas X MIPA SMAN 10 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | NIKEN AYU HESTIANTARI |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 02:43 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 02:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22658 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |