Dwiyani, Syeppina (2021) Pengaruh Model Pembelajaran PACE Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. S2 thesis, Pascasarjana Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
Persetujuan & pengesahan.pdf Download (659kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) |
Abstract
Pembelajaran dengan model PACE akan membuat siswa lebih aktif melalui kerja kelompok dan diskusi kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat interaksi antara model pembelajaran PACE dan gaya belajar dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, desain penelitian ini menggunakan Non-Equivalet Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Sarolangun pada kelas X semester II. Sampel dalam penelitian ini diambil dari sebagian populasi, populasi tersebut diuji terlebih dahulu dengan uji normalitas dan homogenitas untuk mendapatkan sampel yang representatif. Nilai normalitas untuk masing-masing kelas adalah 0,277, 0,139, 0,169, 0,068, dan 0,109 < 0,05 maka populasi berdistribusi normal. Nilai homogenitas yang diperoleh adalah 0,091 <0,05, sehingga setiap kelas berdistribusi normal. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis berupa tes soal dan juga menggunakan angket untuk melihat perbedaan gaya belajar siswa. Teknik analisis data dengan variasi ANOVA dua arah. Hasil uji ANOVA dua arah memiliki nilai signifikansi 0,98 < 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran PACE dan gaya belajar dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SYEPPINA DWIYANI |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 03:39 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 03:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |