Syafrudin, Anggi (2021) Analisis Metakognisi Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Melalui Sistem Pemrosesan Informasi. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.docx Download (314kB) |
![]() |
Text
Hal pengesahan.docx Download (208kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.docx Download (21kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (30kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.docx Download (25kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis metakognisi mahasiswa dalam pemecahan masalah melalui sistem pemrosesan informasi pada setiap komponen metakognisi kepada proses metacognitive awareness, metacognitive evaluation dan metacognitive regulation melalui pemprosesan informasi sensory register, sort term memory dan long term memory; Subjek penelitian terdiri atas 5 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui proses metakognisi mahasiswa dalam pemecahan masalah melalui pemprosesan informasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan metakognisi mahasiswa tidak maksimal, hanya satu orang mahasiswa yang mampu menampilkan kemampuan metakognisi yang sempurna. Rata-rata kemampuan metakognisi mahasiswa dalam menampilkan proses metacognitive awareness telah terlihat dengan mahasiswa mampu menulis diketahui dalam pemecahan masalah, mahasiswa dapat menyadari apa yang akan dilakukan dalam menyelesaikan soal dan empat mahasiswa yang memenuhi metacognitive regulation dimana mahasiswa dapat memodifikasi pemikirannya untuk pemecahan masalah serta empat mahasiswa yang menampilkan metacognitive evaluation yang merujuk pada suatu keputusan dari keefektifan berfikir mahasiswa tentang strategi yang dipilihnya untuk menyelesaikan soal walaupun hasil yang diperoleh masih belum tepat. ketidakmaksimalan proses metakognisi mahasiswa disebabkan kurang maksimalnya pemprosesan informasi yang dilakukan oleh mahasiswa, mahasiswa telah menggunakan sensory register dengan mengetahui dan memahami permasalahan soal namun kurang dalam sort term memory dan long term memory dimana mahasiswa tidak dapat mengolah informasi yang ada untuk menyelesaikan masalah serta tidak dapat menggunakan informasi lainnya untuk pengujian hasil jawaban.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ANGGI SYAFRUDIN |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 03:01 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 03:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |