Hasanah, Nurul (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 6 UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI DASAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD. S2 thesis, teknologi pendidikan.
![]() |
Text
COVER OKE.docx Download (62kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.docx Download (16kB) |
![]() |
Text
BAB V Final.docx Download (32kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA new.docx Download (41kB) |
Abstract
Berbicara menggunakan bahasa inggris merupakan salah satu kegiatan yang akan menjadi bekal keterampilan berbahasa peserta didik nantinya. Di dalam berbicara (komunikasi) tersebut terdapat pembentukan (transform) dan pengalihan (transfer) pengetahuan, keterampilan ataupun sikap dan nilai dari komunikator (pendidik/ guru) kepada komunikan (peserta didik) sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Pada keterampilan berbicara (komunikasi) terdapat atas 4 aspek yang harus dimiliki oleh peserta didik yaitu pelafalan (pronouncation), tata bahasa (grammar), kosa kata (vocabullary),dan pemahaman (comprehention). Dalam meningkatkan keterampilan berbicara (komunikasi) dan hasil belajar peserta didik kelas V perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran bahasa inggris berbasis android menggunakan Adobe Flash CS 6 yang dinilai layak oleh Ahli Media, Ahli Materi, guru mata pelajaran bahasa inggris, dan siswa. Pengembangan media pembelajaran bahasa inggris berbasis android ini dirancang menggunakan prosedur model Lee and Owens (2004) dengan 5 tahapan, yaitu: (1) analisis (analysis), (2) desain (design), (3) pengembangan (development), (4) Penerapan (implementation) dan (5) evaluasi (evaluation). Jenis penelitian ini merupakan penelitian gabungan (mixed methods) kualitatif dan kauntitatif. Media pembelajaran bahasa inggris berbasis android ini mendapat penilaian yang positif dari Ahli Materi, Ahli Media, Guru dan siswa yaitu media pembelajaran bahasa inggris berbasis android ini sangat baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran bahasa inggris berbasis android ini juga dapat meningkatkan komunikasi dasar sebesar 85,5 % serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari rata-rata hasil belajar (pretest) sebesar 59 menjadi rata-rata hasil belajar (posttest) 88,5 sehingga peningkatan terjadi sebesar 29,5.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | NURUL HASANAH |
Date Deposited: | 19 Jul 2021 06:51 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 06:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23339 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |