Analisis Pelaksanaan Model Problem Posing tipe Post Solution pada Materi Redoks Berbantuan Zoom dan Whatssapp dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Haiza Annisa, Arnia (2021) Analisis Pelaksanaan Model Problem Posing tipe Post Solution pada Materi Redoks Berbantuan Zoom dan Whatssapp dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi Arnia Haiza Annisa A1C117049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (152kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING nia lengkap.pdf

Download (32kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN nia lengkap 3.pdf

Download (149kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB V..pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (118kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 membuat pembelajaran dilakukan secara daring.Dalam pembelajaran di sekolah, kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dikembangkan melalui penerapan model Problem Posing. Problem Posing adalah model pembelajaran yang mengharuskan siswa membuat soal secara mandiri dan mencari penyelesaiannya, hal ini tentu saja kemampuan berpikir kreatif siswa dapat berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution pada materi redoks berbantuan zoom dan whatsapp dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan tes essay. Untuk melihat korelasi pelaksanaan model Problem Posing tipe Post Solution dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan uji korelasi product moment pearson. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada pelaksanaan model Problem Posing tipe Post Solution sebesar 66,21% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 66,25%. Korelasi keterlaksanaan model Problem Posing tipe Post Solution dengan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh rxy=0,790 dengan tingkat korelasi kuat. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh KD = 62,41% dengan tingkat korelasi kuat.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara pelaksanaan model Problem Posing tipe Post Solution pada materi redoks berbantuan zoom dan whatsapp dengan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MIPA 3 SMAN 10 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Arnia Haiza Annisa
Date Deposited: 23 Jul 2021 02:39
Last Modified: 23 Jul 2021 02:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23959

Actions (login required)

View Item View Item