PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) SCAFFOLDING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI

Chrystine Pasaribu, Elva (2021) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) SCAFFOLDING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI. S1 thesis, pendidikan kimia.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)

Abstract

ABSTRAK Model PBL atau pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik untuk belajar. Strategi pembelajaran berbasis masalah dengan scaffolding yang dapat meningkatkan berpikir kreatif adalah pola kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan oleh pendidik sebagai pembimbing, fasilitator maupun motivator, dan peserta didik, baik di rumah (tugas), maupun di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah dengan scaffolding yang diberikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi laju reaksi di kelas XI SMA Negeri 6 Kota Jambi dan mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah scaffolding terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi laju reaksi di kelas XI SMA Negeri 6 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) yang digunakan adalah jenis Triangulasi Konkuren. Pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran problem based learning scaffolding dan berpikir kreatif siswa dilakukan uji korelasi serta dilakukan uji lanjut berupa uji t. Hubungan antara keterlaksanaan model problem based learning scaffolding dengan berpikir kreatif siswa adalah kategori sedang dengan nilai r = 0,5291 dengan hasil uji t diperoleh nilai thitung>ttabel = 3,182 >2,109. Dengan demikian maka semakin baik keterlaksanaan model pembelajaran problem based learning scaffolding maka keterampilan berpikir kreatif siswa akan semakin baik pula. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model problem based learning dengan scaffolding terlaksana dengan baik dan berpengaruh pada berpikir kreatif siswa pada materi laju reaksi di kelas XI MIA SMA N 6 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ELVA CHRYSTINE PASARIBU
Date Deposited: 26 Jul 2021 06:28
Last Modified: 26 Jul 2021 06:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24357

Actions (login required)

View Item View Item