Mardiyah, Mardiyah (2021) PENGARUH PENERAPAN E-LEMATIKA ACTIVE-FLIPPED CLASSROOM BERBASIS MOODLE PADA MATERI BARISAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMA N 1 TANJUNG JABUNG BARAT. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI MARDIYAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (482kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (482kB) |
![]() |
Text
DR.pdf Download (54kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
B5F.pdf Download (414kB) |
![]() |
Text
B1F.pdf Download (342kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya Kemampuan Pemecahan Masalah siswa dalam matematika dan dengan adanya pandemi Covid-19, maka dilakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan E-Lematika Active-Flipped Classroom Berbasis Moodle dengan Model Problem Based Instruction dan penggunaan LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI SMA N 1 Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini menggunakan model E-Lematika Active-Flipped Classroom Berbasis Moodle dengan Model Problem Based Instruction dan penggunaan LKPD yang dilakukan di kelas eksperimen dan menerapkan model pembelajaran konvensional dengan penggunaan forum-forum belajar pada kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari secara online (Pembelajaran Jarak Jauh). Dengan populasi seluruh kelas XI MIPA SMA N 1 Tanjung Jabung Barat dan kelas sampel yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian yakni: Data gain score dari pretest-posttest. Data gain score terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas dengan uji liliefors dan uji levene's. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t dengan uji dua pihak (two tail test) pada nilai gain score dengan hasil nilai signifikansi atau P-value lebih kecil dari 0,05 serta nilai dari t_hitung>t_tabel yaitu sebesar 2,046 > 2,000. Dari hasil perhitungan tersebut peneliti menolak H_0 dan menerima H_1 dengan taraf kepercayaan sebesar 95%. Sehingga, dapat dikatakan bahwa hipotesis penelitian diterima yaitu “Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan E-Lematika Active-Flipped Classroom Berbasis Moodle dengan Model Problem Based Instruction dan penggunaan LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI SMA N 1 Tanjung Jabung Barat”.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipped Classroom, Problem Based Instruction, LKPD, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | MARDIYAH |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 03:02 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 03:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24373 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |