Fadhilatunniaswah, Rahmi and Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I, Nyimas and Destrinelli, M.Pd, Dr.Dra (2021) Kreativitas anak usia 5-6 tahun dalam menggambar bebas di to Al-Aqsha kota jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.docx Download (290kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.docx Download (44kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.docx Download (19kB) |
![]() |
Text
BAB I UPLOAD,,,,.docx Download (131kB) |
![]() |
Text
BAB V UPLOAD.......docx Download (21kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA UPLOAD.docx Download (20kB) |
Abstract
ABSTRAK Rahmi Fadhila Tunniswah. 2021 “Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Menggambar Bebas Di TK Al-Aqsha Kota Jambi”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi., Pemimbing : (1) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I (2) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi pada perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun dalam menggambar bebas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas anak usia 5-6 tahun dalam menggambar bebas di TK Al-Aqsha Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan jenis penelitian fenomenologi dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek pada penelitian ini yaitu anak yang berusia 5-6 tahun yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta dokumntasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdsarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada dua tipe anak yang peneliti kelompokkan yaitu adanya anak yang bisa merespon dengan cepat tampa adanya rangsangan terlebih dahulu dari gurunya dan adanya anak yang harus mendapat rangsangan terlebih dahulu dari gurunya. kemudian terdapat beberapa faktor yang menjadi alasan sehingga peneliti yang mengelompokan anak tersebut menjadi dua kelomok. Fakto-faktor tersebut yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dalam hal ini yang perlu dilakukan oleh guru yaitu terus berupaya mempersiapkan stimulasi-stimulasi guna merangsang aspek-aspek perkembangan kemampuan anak yang lainnya, serta guru harus terus berinovasi dalam membuat alat peraga yang menarik minat anak agar terfokus dalam belajar dan memberi pengertian kepada orang tua untuk memberi kepercayaan agar anak mandiri dalam melakukan hal apapun.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | TUNNISWAH |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 07:02 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 07:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |