Parandika, Liveya (2021) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE,EXPLAIN DAN KORELASINYA DENGAN KEMAMPUAAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA SMA NEGERI 6 BATANGHARI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
COVER LIVEYA.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
HALAMAN_PERSETUJAN[1].pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
BAB I1.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
Abstract
ABSTRAK Parandika, Liveya. 2021. “Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Predict, Observe, Explai dan Korelasinya dengan Kemampuaan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Larutan Penyangga SMA Negeri 6 Batanghari”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Drs. Epinur, M.Si. (II) Nazarudin, S.Si. M. Si. Ph.D. Kata Kunci : Predict, Observe, Explain, Kemampuan berpikir kritis, Larutan penyangga. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurikulum 2013 yang menuntut siswa untuk berpikir kritis dan inovatif dalam pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis adalah cara berpikir reflektif atau kemampuan yang dapat menganalisis untuk suatu permasalahan untuk dipecahkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah model Predict, Observe, Explain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model Predict, Observe, Explain dan Korelasinya dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga kelas Xl MIPA SMAN 6 Batanghari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren. Subyek dalam penelitian ini hanya satu kelas dan menggunakan satu shift yakni kelas Xl MIPA 3 berjumlah 20 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Predict, Observe, Explain dari guru maupun siswa dan tes esay kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk melihat korelasinya dilakukan uji korelasi product moment dan analisis koefisien determinasi. Pelaksanaan model pembelajaran Predict, Observe, Explain oleh siswa memperoleh nilai sebesar 60,67 dengan kategori baik dan kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh nilai sebesar 38,38 dengan kategori cukup baik. Korelasi pelaksanaan model pembelajaran Predict, Observe, Explain ) dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh rxy = 0,583 dengan tingkat korelasi sedang. Hasil uji koefisien determinasi pelaksanaan model pembelajaran Predict, Observe, Explain dengan kemampuan berpikir kritis siswa dperoleh kd = 33,98 % dengan tingkat korelasi rendah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksaaaan model pembelajaran Predict, Observe, Explain terlaksana dengan baik dan terdapat korelasi dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga SMA Negeri 6 Batanghari.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | PARANDIKA |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 02:56 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 02:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26160 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |