ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS PADA JUAL BELI ONLINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA MARKETPLACE BUKALAPAK.COM)

ARISTA, VIONICA (2021) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS PADA JUAL BELI ONLINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA MARKETPLACE BUKALAPAK.COM). S1 thesis, ekonomi islam.

[img] Text
10. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (57kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan etika bisnis pada jual beli online dalam perspektif Islam, dengan melakukan studi kasus pada marketplace Bukalapak.Com. Data yang digunakan adalah data sekunder dari dokumen tertulis pada website marketplace Bukalapak.Com dengan serta dokumen pendukung dari referensi terkait. Teknik Analisis dalam penelitian kualitatif dimulai dengan menyiapkan dan mengorganisasikan data 1) yaitu data teks seperti transkrip, 2) atau data gambar seperti foto) untuk analisis, 3) kemudian mereduksi data tersebut menjadi tema melalui proses pengkodean dan peringkasan kode, dan terakhir menyajikan data dalam bentuk bagan, tabel, atau pembahasan. Mekanisme transaksi pada marketplace Bukalapak.com yaitu: a) Login ke akun Bukalapak melalui Seller Center., b) Masuk ke menu Transaksi yang terdapat di sebelah kiri, c) Pelapak bisa melihat pesanan berdasarkan statusnya yang tertera di masing-masing tab, d) Pada tab Dibayar, Pelapak bisa melihat daftar transaksi yang butuh diproses. Untuk melihat detail transaksi, pelapak bisa klik tombol Lihat Detail atau klik Nomor Transaksi, e) Proses transaksi dengan cara klik tombol Proses Pesanan. Pastikan Pelapak dapat memproses semua pesanan yang masuk sebelum batas waktu berakhir ya agar transaksi tidak terbatalkan secara otomatis. Dan f) Pelapak dapat memproses semua pesanan secara sekaligus dengan cara klik Pilih semua barang, lalu klik tombol Proses Pesanan. Konsumen memilih menggunakan transaksi di marketplace ini yaitu: a) Bukalapak hadir sebagai tempat berbelanja yang bebas dari resiko penipuan online, b) Dengan sistem ini pembeli dan penjual bisa melakukan transaksi secara lebih aman, dimana metode transaksi hampir menyerupai rekening bersama tradisional dan c) Ada banyak program unggulan dan fitur yang ditawarkan. Penerapan etika bisnis pada jual beli online itu sudah sesuai kebijakan ekonomi syariah Indonesia mengenai e-commerce terdapat pada Fatwa DSN MUI No.110/DSN-MUI/IX/2017 tentang akad jual beli. Kata Kunci: Etika Bisnis Jual Beli Online, Perspektif Islam

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: ARISTA
Date Deposited: 21 Sep 2021 07:32
Last Modified: 21 Sep 2021 07:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26292

Actions (login required)

View Item View Item