Syarifah, Nur (2021) PENGEMBANGAN MEDIA EDUCATION SONG BERBASIS AUDIOVISUAL PADA MATERI SEL TUMBUHAN DAN SEL HEWAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA DI KELAS XI SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI NUR SYARIFAH (RRA1C416027).pdf Download (12MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (968kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Education Song berbasis Audiovisual pada materi Sel Tumbuhan dan Sel Hewan yang layak menurut para ahli serta mengetahui minat belajar siswa kelas XI SMA pada materi Sel Tumbuhan dan Sel Hewan setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Four-D. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, selanjutnya dilakukan penilaian oleh guru mata pelajaran Biologi dan siswa SMA N 11 Kota Jambi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan pada lembar wawancara dan perhitungan skor pada angket. Hasil pengembangan ini menunjukkan bahwa produk dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli media. Validasi ahli materi dilakukan sebanyak tiga kali dengan skor yang diperoleh sebesar 83,3% sedangkan validasi ahli media dilakukan sebanyak dua kali dengan skor yang diperoleh sebesar 85%, hal ini menunjukkan produk sudah termasuk dalam kategori “sangat baik”. Dari hasil penilaian guru mata pelajaran Biologi kelas XI diperoleh nilai sebesar 92,5% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Dan yang terakhir hasil analisis respon siswa menunjukkan presentase 78,5% pada kelompok kecil dan 88,3% pada kelompok besar dimana keduanya termasuk dalam kategori “sangat baik”. Selain itu, respon siswa terhadap media Education Song cukup positif yang ditunjukkan pada beberapa komentar siswa yang mengatakan bahwa mereka tertarik terhadap media ini. Menurut mereka media ini dapat memudahkan mereka dalam membedakan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan serta dapat membantu mereka dalam menghafal istilah – istilah ilmiah yang terdapat pada materi tersebut. Dengan demikian, media Education Song berbasis Audiovisual yang dikembangkan telah berhasil menarik minat siswa dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Sel Tumbuhan dan Sel Hewan. Disarankan untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media Education Song berbasis Audiovisual pada materi – materi biologi lainnya. This study aims to develop an Audiovisual-based Education Song learning media on Plant Cells and Animal Cells material that is appropriate according to experts and to find out the learning interests of XI high school students in Plant Cells and Animal Cells after using the developed learning media. This research is a development research that refers to the Four-D development model. The product developed was validated by material experts and media experts, then assessed by Biology subject teachers and students of SMA N 11 Jambi City. The data used in this study are qualitative and quantitative data. The data was obtained from the results of the analysis carried out on the interview sheet and the calculation of the score on the questionnaire. The results of this development indicate that the product is declared feasible by material experts and media experts. Material expert validation was carried out three times with a score of 83.3% while media expert validation was carried out twice with a score of 85%, this shows the product is included in the "very good" category. From the results of the assessment of the Biology subject teacher for class XI, a score of 92.5% was obtained which was included in the "very good" category. And finally, the results of the student response analysis showed a percentage of 78.5% in the small group and 88.3% in the large group, both of which were included in the "very good" category. In addition, students' responses to the Education Song media were quite positive, which was shown in several student comments saying that they were interested in this media. According to them, this media can make it easier for them to distinguish Plant Cells and Animal Cells and can help them memorize scientific terms contained in the material. Thus, the Audiovisual-based Education Song media that was developed has succeeded in attracting students' interest and is worthy of being used as a learning medium for Plant Cells and Animal Cells. It is recommended for further researchers to develop Audiovisual-based Education Song media on other biological materials.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Education Song, Audiovisual, Sel Tumbuhan dan Sel Hewan, minat belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | SYARIFAH |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 02:27 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 02:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26485 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |