Pengaruh Pembelajaran Daring (online) dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonoi Siswa Kelas X IPA, X IPS 1, dan X IPS 2 di SMA PGRI 2 Kota Jambi Pada SaatPandemi Covid-19

Jumaida, Rita Silvia (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring (online) dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonoi Siswa Kelas X IPA, X IPS 1, dan X IPS 2 di SMA PGRI 2 Kota Jambi Pada SaatPandemi Covid-19. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text
hal persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari variabel Pengaruh Pembelajaran Dating (Online) dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPA, X IPS 1 dan X IPS 2 Di SMA PGRI 2 Kota Jambi Pada Saat Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA, X IPS 1 dan X IPS 2 SMA PGRI 2 Kota Jambi yang berjumlah 74 siswa sebagai responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sensus atau sampling total, karena seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dalam penelitian ini teknik analisis regresi linear berganda digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara signifiakan pembelajaran daring (online) terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Hal tersebut dibuktikan melalui hasil uji t, terlihat bahwa nilai thitung > ttabel yakni 8,959 > 1,666 dan nilai signifikan lebih kecil dari nilai probalitas yaitu 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh secara signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar ekonomi i siswa. Hal tersebut dibuktikan melalui hasil uji t, terlihat bahwa nilai thitung > ttabel yakni 7,089 > 1.666 dan nilai signifikan lebih kecil dari probilitas yaitu 0,000 < 0,05, (3) terdapat pengaruh pembelajaran daring (online) dan gaya belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa. hal ini dapat terlihat melalui hasil uji F dimana nilai Fhitung > Ftabel yakni 53,784 > 3,1 dan nilai signifikan lebih kecil dari nilai probilitas yaitu 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis serta hasil pembahasan yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran daring (online) dan gaya belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPA, X IPS 1 dan X IPS 2 di SMA PGRI 2 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada peneliti lainnya perlu diadakan penelitian lanjutan terkait factor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar ekonomi siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Daring (Online), Gaya Belajar dan Hasil Belajar. This study aims to determine the description of the variables of the influence of online learning and learning styles on economic learning outcomes for students in class X IPA, X IPS 1 and X IPS 2 at SMA PGRI 2 Jambi City during the Covid-19 pandemic. This research is a research that uses a quantitative approach with ex post facto research methods. The population in this study were students of class X IPA, X IPS 1 and X IPS 2 SMA PGRI 2 Jambi City, totaling 74 students as respondents. The sampling technique used in this study is census or total sampling, because the entire population is used as a sample. The data collection technique used a questionnaire, and in this study the multiple linear regression analysis technique was used as a data analysis technique. The results in this study indicate that: (1) there is a significant effect of online learning on students' economic learning outcomes. This is evidenced by the results of the t test, it can be seen that the value of tcount > ttable is 8.959 > 1.666 and the value is significantly smaller than the probability value of 0.000 < 0.05, (2) there is a significant effect of learning style on students' learning outcomes in economics. This is evidenced by the results of the t test, it can be seen that the value of tcount > ttable is 7.089 > 1.666 and the value is significantly smaller than the probability that is 0.000 < 0.05, (3) there is an effect of online learning and learning styles on students' economic learning outcomes. . this can be seen through the results of the F test where the value of Fcount > Ftable is 53.784 > 3.1 and the value is significantly smaller than the probability value of 0.000 <0.05. Based on the results of the analysis and the results of the discussions that have been presented, it can be concluded that there is a significant influence between online learning and learning styles on economic learning outcomes for students of class X IPA, X IPS 1 and X IPS 2 at SMA PGRI 2 Jambi City. Based on the results of this study, the researcher suggests that other researchers need to conduct further research related to the factors that can affect students' economic learning outcomes. Keywords: Online Learning (Online), Learning Style and Learning Outcomes.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring (Online), Gaya Belajar dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Jumaida
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:27
Last Modified: 14 Oct 2021 06:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27086

Actions (login required)

View Item View Item