Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 2 Kota Jambi

Waty, Renny Oktavia (2021) Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 2 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Fix Renny Oktavia (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (547kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan Dan Pengesahan.pdf

Download (226kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)

Abstract

ABSTRAK Waty, Renny Oktavia. 2021. Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 2 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. H. Arpizal, M.Pd. (II) Ahmad Nasori, S.Pd., M.Pd Kata kunci: Pembelajaran Jarak Jauh, Gaya Belajar, Hasil Belajar Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari variabel Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Prlajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling, dengan jumlah sampel 107 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui hasil uji t, terlihat bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 2,609 > 1,659 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar (2) terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui hasil uji t, terlihat bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 3,517 > 1,659 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar (3) terdapat pengaruh pembelajaran jarak jauh dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui hasil uji F di mana nilai Fhitung 8,763 sedangkan Ftabel 3,08 karena 8,763 > 3,08 sehingga terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel pembelajaran jarak jauh dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Adapun koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,144 atau sama dengan 14,4% sedangkan 85,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini (1) Terdapat pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar. (2) Terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran jarak jauh dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran jarak jauh dan gaya belajar berpengaruh dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil simpulan disarankan siswa dapat meningkatkan gaya belajar nya agar dapat meghasilkan hasil belajar yang baik dan bagus.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Oktaviawati
Date Deposited: 15 Dec 2021 03:20
Last Modified: 15 Dec 2021 03:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28610

Actions (login required)

View Item View Item