HUBUNGAN ANTARA KESADARAN DIRI (SELF AWARENESS) DENGAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 2 KOTA JAMBI

Saputri, Sherly (2021) HUBUNGAN ANTARA KESADARAN DIRI (SELF AWARENESS) DENGAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jmabi.

[img] Text
Cover,Abstrak,Kata Pengantar,Daftar isi,Daftar gambar,Daftar Lampiran.pdf

Download (642kB)
[img] Text
Pengesahan,Persetujuan, Pernyataan.pdf

Download (357kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (123kB)
[img] Text
bab2.pdf

Download (149kB)
[img] Text
bab3.pdf

Download (276kB)
[img] Text
bab4.pdf

Download (322kB)
[img] Text
bab5.pdf

Download (45kB)
[img] Text
daftarpustaka.pdf

Download (169kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (987kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya suatu bentuk kondisi yang dimana siswa kurang memiliki sikap disiplin dalam belajar selama proses kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring/online. Hal tersebut diperoleh berdasarkan hasil wawancara dengan guru wali kelas dan guru BK disekolah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan tingkat kesadaran diri (self awareness), tingkat disiplin belajar serta mengungkapkan hubungan antara kesadaran diri (self awareness) dengan disiplin belajar pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Kota Jambi. Sampel dalam peneitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Kota Jambi Tahun ajaran 2020/2021. Kesadaran diri (self awareness) yang dimaksud dalam penelitian ini mengenai kemampuan siswa dalam memahami dirinya dalam kegiatan belajar untuk mencapai proses pembelajaran secara efektif dan disiplin belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah sikap disiplin siswa dalam proses kegiatan pembelajaran untuk mencapai hasil belajar yang optimal selama proses belajar secara daring/online. Jenis penelitian ini adalah korelasional, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Kota Jambi. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 91 responden, penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan model skala likert dengan lima alternatif pilihan jawaban. Kemudian penelitian ini mengolah data dengan menggunakan rumus persentase formula C dan teknik analisis data menggunakan rumus korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesadaran diri (self awareness) siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Kota Jambi dapat dikatergorikan tinggi dengan jumlah persentase sebesar 80,51%, disiplin belajar pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Kota Jambi juga dapat dikategorikan tinggi dengan jumlah persentase sebesar 83,38%. Nilai signifikansi pada korelasi antara kesadaran diri (self awareness) dengan disiplin belajar sebesar 0,000, yang berarti kedua variabel dinyatakan berkorelasi. Bentuk hubungan dari kesadaran diri (self awareness) dengan disiplin belajar juga dapat dikategorikan memiliki tingkat korelasi yang sangat tinggi dengan jumlah rhitung sebesar 0,914. Hendaknya guru BK dapat membantu siswa meningkatkan dan mempertahankan kesadaran diri (selfs awareness) pada setiap siswa agar para siswa dapat taat dan patuh dalam proses pembelajaran sehingga mencapai hasil belajar yang optimal.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Saputri
Date Deposited: 17 Dec 2021 02:10
Last Modified: 17 Dec 2021 02:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28827

Actions (login required)

View Item View Item