ANALISIS KONSTRUKSI KONSEP MATEMATIKA SISWA DENGAN PEMBERIAN SCAFFOLDING DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS VII SMP

Aisyah, Siti (2021) ANALISIS KONSTRUKSI KONSEP MATEMATIKA SISWA DENGAN PEMBERIAN SCAFFOLDING DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS VII SMP. S1 thesis, Pendidikan Matematika.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT SITI AISYAH (A1C217067).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
COVER SITI AISYAH (A1C217067).pdf

Download (362kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN SITI AISYAH (A1C217067).pdf

Download (749kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)

Abstract

ABSTRAK Aisyah. Siti 2021. Analisis Konstruksi Konsep Matematika Siswa dengan Pemberian Scaffolding dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Bangun Datar Persegi dan Persegi Panjang Kelas VII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Nizlel Huda, M. Kes (II) Ade Kumala Sari, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci : Konstruksi Konsep Matematika, Scaffolding, Bangun Datar Penelitian ini dilatar belakangi oleh konstruksi konsep matematika siswa yang belum terjadi dengan baik. Konstruksi konsep tidak terlepas dari proses yang dilakukan dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika, proses ini yaitu penggunaan konsep yang sudah dipelajari sebelumnya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis konstruksi konsep matematika dengan pemberian scaffolding dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun datar persegi dan persegi panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 30 Muaro Jambi di kelas VII A. Dari 14 Siswa sebagai calon subjek diberikan tes penelitian. Kemudian diambil 3 siswa yang tidak dapat menyelesaikan soal. Selanjutnya dilihat dari lembar tes dengan menggunakan think aloud, lembar observasi dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, subjek pertama dengan pemberian scaffolding level 1 dan 2, memenuhi kedua indikator konstruksi konsep matematika dan memenuhi 6 indikator scaffolding Sedangkan subjek kedua dengan pemberian scaffolding level 1 dan 2 memenuhi kedua indikator konstruksi konsep matematika dan memenuhi 5 indikator scaffolding. Subjek ketiga dengan pemberian scaffolding level 1, level 2 dan level 3 memenuhi kedua indikator konstruksi konsep matematika dan memenuhi 5 indikator scaffolding. Dengan begitu konstruksi konsep matematika siswa dapat terjadi lebih baik dengan pemberian scaffolding sesuai dengan kebutuhan siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Aisyah
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:53
Last Modified: 30 Dec 2021 02:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29726

Actions (login required)

View Item View Item