PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI BERBASIS FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMA

Ardila, Ayudita (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI BERBASIS FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMA. S2 thesis, Magister Pendidikan Matematika.

[img] Text
cover.docx

Download (35kB)
[img] Text
halaman persetujuan, pengesahan.docx

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Model pembelajaran berbasis Flipped Classroom dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan kemampuan komunikasi matematis siswa yang masih rendah, karena pembelajaran yang biasanya dilakukan di sekolah yaitu guru menyampaikan materi pembelajaran dibalik menjadi dilakukan di rumah menggunakan video pembelajaran secara online maupun offline, sehingga siswa mempersiapkan diri di rumah sebelum membahas soal-soal komunikasi di kelas. Tujuan dari penelitian ini ialah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Flipped Classroom yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA dengan menggunakan pengembangan model Plomp. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan ialah RPP, video pembelajaran, dan LKS. Model Plomp digunakan karena lebih luwes dan fleksibel dibanding dengan model lainnya, selain itu pada setiap langkahnya memuat kegiatan pengembangan yang dapat disesuaikan dengan karakteristik penelitiannya. Pengembangan model Plomp ini terdiri dari tiga fase yakni fase investigasi awal, fase pengembangan dan fase penilaian. Subjek uji lapangan yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah siswa dan pendidik kelas X SMA Negeri 3 Jambi Tahun Pelajaran 2020-2021. Hasil analisis terhadap data dari lembar validasi RPP, video pembelajaran dan LKS menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Flipped Classroom yang dikembangkan telah valid dari segi konstruk dan segi isi. Nilai validitas untuk RPP, Video Pembelajaran, dan LKS berturut-turut adalah 3,41; 3,17; dan 3,4. Perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan juga praktis dari segi keterlaksanaan dan kemudahan dalam penggunaan. Hal ini didasari pada hasil analisis data angket respon praktikalitas siswa yang menunjukan angka 81% sehingga dapat dikategorikan praktis, data observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan data wawancara dengan pendidik. Selain itu, perangkat pembelajaran ini juga telah efektif dalam meningkatkan komunikasi matematis siswa berdasarkan tes akhir kemampuan komunikasi yang telah dilaksanakan, yaitu 77,78% siswa telah memperoleh nilai di atas KBM yang ditentukan sekolah yaitu 70. Jumlah ini meningkat dari hasil tes kemampuan awal yaitu hanya 33,33% siswa yang memperoleh nilai di atas KBM. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi, Flipped Classroom, Kemampuan Awal Siswa

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: ARDILA
Date Deposited: 03 Jan 2022 01:44
Last Modified: 03 Jan 2022 01:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29760

Actions (login required)

View Item View Item