Peran Guru Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Interpersonal Pada Muatan Pelajaran IPS Di Kelas IV SD N 109/IV Kota Jambi

Nainggolan, Afrilya and Arsil, Arsil and Noviyanti, Silvina (2021) Peran Guru Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Interpersonal Pada Muatan Pelajaran IPS Di Kelas IV SD N 109/IV Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI AFRILYA (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (196kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (70kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (300kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran yang dilakukan guru dalam menumbuhkan kecerdasan interpersonal pada muatan pelajaran IPS di kelas IV SD N 109/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD N 109/IV Kota Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data di perolah dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas berupa triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menjalankan peran dalam menumbuhkan kecerdasan interpersonal pada muatan pelajaran IPS di kelas IV, seperti peran guru sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, evaluator, pengajar, pemimpin pembelajaran, konselor, dan agen pembaharuan. Guru menjalankan peran-peran tersebut melalui kegiatan pembelajaran yang dipersiapkan secara tidak monoton, melainkan melibatkan siswa untuk memiliki kecerdasan interpersonal. Kegiatan pembelajaran yang terbentuk adalah pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif dalam berdiskusi, berkomunikasi, berinteraksi, berpendapat, bertanya, memecahkan masalah dengan baik, menjaga perilaku, memahami etika, dan berempati. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam menumbuhkan kecerdasan interpersonal pada muatan pelajaran IPS di kelas IV, guru menjalankan beberapa peran guru yaitu sebagai demonstrator, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai mediator, guru sebagai fasilitator, guru sebagai evaluator, guru sebagai pengajar, guru sebagai pemimpin pembelajaran, guru sebagai konselor, dan guru sebagai agen pembaharuan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Nainggolan
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:12
Last Modified: 14 Jan 2022 03:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30115

Actions (login required)

View Item View Item