Pengaruh Model Problem Solving dalam Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Pola Bilangan di Kelas VIII MTs Negeri 5 Kota Jambi

Nisrina, Desy and Simatupang, Gugun M and Mujahidawati, Dra (2021) Pengaruh Model Problem Solving dalam Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Pola Bilangan di Kelas VIII MTs Negeri 5 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Desy Nisrina_A1C217077 (SKRIPSI)..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (103kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN DESY.pdf

Download (83kB)

Abstract

ABSTRAK Nisrina, Desy. 2021. Pengaruh Model Problem Solving dalam Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada materi Pola Bilangan di Kelas VIII MTs Negeri 5 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Gugun M. Simatupang, MSI, (II) Dr. Dra. Mujahidawati, M.Si. Kata Kunci : Pengaruh, Pemecahan Masalah Matematis, Pola Bilangan Penelitian ini dilatar belakangi oleh wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan salah satu guru matematika di MTs Negeri 5 Kota Jambi yang mengatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII sekolah tersebut masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model Problem Solving dalam pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi pola bilangan. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 5 Kota Jambi pada bulan Juli 2021. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh dengan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan lembar observasi keterlaksanaan aktivitas. Untuk data berupa tes dilakukan analisis statistik melalui uji hipotesis dan untuk lembar observasi dilakukan perhitungan dengan persentase keterlaksanaan aktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model Problem Solving dalam pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi pola bilangan berdasarkan hasil rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 76,67 dan kelas kontrol 60,67 serta dilakukan uji hipotesis dengan mengunakan uji-t didapat bahwa yaitu 3,926 > 2,00. Untuk lembar observasi guru di kelas ehksperimen diperoleh rata-rata 87,17% dan kelas control 83,33% sedangkan lembar observasi siswa di kelas eksperimen 77,50% dan kelas control 68,45%. Dari hasil penelitian ini maka model Problem Solving dalam pembelajaran jarak jauh dapat digunakan sebagai alternatif guru dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: NISRINA
Date Deposited: 21 Jan 2022 06:28
Last Modified: 21 Jan 2022 06:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30778

Actions (login required)

View Item View Item