Yuliani, Lisa and Rahman, K.A. and Musyaiyadah, musyaiyadah (2022) PENGARUH LAYANAN DIGITAL PERPUSTAKAAN (E-LIBRARY) UNJA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi LISA YULIANI A1D518007 FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (619kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
H. Pengesahan.pdf Download (295kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan digital perpustakaan (e-library) Unja dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa administasi pendidikan FKIP Universitas Jambi. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis hipotesis dengan menggunakan uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan suvei yang menggunakan kuesioner sebagai instrument dalam pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/I angkatan 2019 dan 2020 administrasi pendidikan FKIP Universitas Jambi yang berjumlah 158 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 112 dengan cara pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian ini menunjujkan bahwa layanan digital perpustakaan dan motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar mahasiswa (IPK). Hal ini terbukti dengan diperolehnya nilai signifikansi sebesar 0,000. Karna nilai signifikansi < 0,05 maka terdapat pengaruh yang positif antara layanan digital perpustakaan (e-library) Unja dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa, Sumbangan pengaruh yang diberikan oleh layanan digital perpustakaan (e-library) dan motivasi belajar secara bersama – sama terhadap hasil belajar adalah 2,9%. Hal ini dibuktikan melalui analisis regresi berganda yang diperolen nilai hasil pengujian yang menunjukkan nilai R Square sebesar 0,029. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama antara variabel layanan digital perpustakaan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa sebesar 2,9% sisanya 97,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian, penelitian ini menemukan hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | YULIANI |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 03:58 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 03:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33003 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |