IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI TK NEGERI SEROJA KECAMATAN PEMAYUNG

lestari, inda (2022) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI TK NEGERI SEROJA KECAMATAN PEMAYUNG. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (657kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN 1.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Perkembangan bahasa menjadi faktor penting bagi anak untuk berkomunikasi dengan lingkungannya. Namun ada beberapa anak usia dini yang justru kemampuan berbahasanya belum berkembang dengan baik, terutama pada saat melakukan pembelajaran dari rumah. Salah satu metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dari rumah bagi anak usia dini adalah metode pemberian tugas. Melalui metode pemberian tugas ini, anak diharapkan dapat dengan bebas mengekspresikan bahasa sehingga bahasa anak menjadi berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun melalui metode pemberian tugas di TK Negeri Seroja, serta perkembangan memahami bahasa, mengungkapkan bahasa dan keaksaran anak usia 5-6 tahun melalui metode pemberian tugas di TK Negeri Seroja. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling yaitu anak usia 5-6 di TK Negeri Seroja sebanyak 55 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dengan metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan rumus persentatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun melalui metode pemberian tugas di TK Negeri Seroja memiliki rata-rata persentase boobot sebesar 72,83% dan berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Selanjutnya perkembangan memahami bahasa pada anak usia 5-6 tahun melalui metode pemberian tugas memiliki rataan bobot sebesar 84,32% pada kategori berkembang sangat baik (BSB), perkembangan mengungkapkan bahasa anak usia 5-6 tahun melalui metode pemberian tugas di TK Negeri Seroja memiliki rata-rata bobot sebesar 65,58% pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan perkembangan keaksaran anak usia 5-6 tahun melalui metode pemberian tugas di TK Negeri Seroja sebesar 73,51% pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Kesimpulan dari penelitian ini adalah perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun melalui metode pemberian tugas di TK Negeri Seroja berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Saran dari penelitian ini adalah diharapkan kepada guru agar terus memacu keterampilan anak untuk belajar secara mandiri dan bertanggungjawab dengan cara memberikan tugas rumah yang sesuai dengan tahap perkembangan anak, serta terus melakukan upaya-upaya yang tepat untuk memacu perkembangan bahasa pada anak usia dini

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perkembangan bahasa, metode pemberian tugas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: LESTARI
Date Deposited: 08 Jun 2022 06:51
Last Modified: 08 Jun 2022 06:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34075

Actions (login required)

View Item View Item