Purwanti, Purwanti (2022) DESKRIPSI KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA NEGERI 4 TANJUNG JABUNG TIMUR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter tanggung jawab peserta didik dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 4 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IPA yang mengikuti pembelajaran fisika yang berjumlah 133 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tanggung jawab. Jenis data penelitian ini adalah data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Dari sepuluh indikator karakter tanggung jawab terdapat dua indikator dominan berkategori sangat baik yaitu, menghormati dan menghargai aturan di sekolah dengan persentase 42,11% dan memiliki rasa tanggung jawab erat kaitannya dengan prestasi di sekolah dengan persentase 38,35%. Sedangkan yang berkategori baik terdapat tiga indikator yaitu, tidak menyalahkan orang lain dalam belajar dengan persentase 54,14%, bisa membuat keputusan yang berbeda dari keputusan orang lain dalam kelompoknya dengan persentase 48,12%, dan mempunyai minat yang kuat untuk menekuni belajar dengan persentase 55,5%. Di lain pihak terdapat dua indikator berkategori cukup dan baik yaitu, mampu menentukan pilihan kegiatan belajar dari beberapa alternatif dengan persentase 40,6% baik dan 39,85% cukup, dan melakukan tugas sendiri dengan senang hati dengan persentase 37,59%. Selanjutnya untuk kategori cukup terdapat tiga indikator yaitu, dapat berkonsentrasi dalam belajar dengan persentase 50,38%, melakukan tugas belajar dengan rutin tanpa harus diberi tahu dengan persentase 54,14%, dan dapat menjelaskan alasan atas belajar yang dilakukannya dengan persentase 46,62%. This study aims to describe the character of the responsibility of students in learning physics at 4th state high school, Tanjung Jabung East. This research is descriptive research with a quantitative approach. The population of this study were all science class students who took physics lessons totaling 133 students. The sampling technique used in this research was total sampling. The research instrument used is a responsibility questionnaire. This type of research data is quantitative data. The data analysis technique used is quantitative analysis using descriptive statistics. The results showed that of the ten indicators of the character of responsibility, there were two dominant indicators in the very good category, namely, respecting and appreciating the rules at school with a percentage of 42.11% and having a sense of responsibility closely related to achievement in school with a percentage of 38.35%. While in the good category there are three indicators, namely, not blaming others in learning with a percentage of 54.14%; being able to make different decisions from the decisions of others in the group with a percentage of 48.12%, and having a strong interest in studying with a percentage of 55.5%. On the other hand, there are two indicators that are categorized as sufficient and good, namely being able to determine the choice of learning activities from several alternatives with a percentage of 40.6% good and 39.85% sufficient, and doing their own tasks happily with a percentage of 37.59%. Furthermore, for the sufficient category, there are three indicators, namely, being able to concentrate on learning with a percentage of 50.38%, doing study assignments regularly without having to be informed with a percentage of 54.14%, and being able to explain the reasons for studying with a percentage of 46.62%.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Description, responsibility, physics |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | PURWANTI |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 02:16 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 02:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34160 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |