Putra, Rezki Pratama (2022) Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (197kB) |
Abstract
Pratama Putra, Rezki. 2022. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018. Skripsi: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Suratno, M.Pd., (II) Nurmala Sari, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: kebiasaan belajar, penggunaan gadget, hasil belajar. Kebiasaan belajar mahasiswa yang hanya belajar pada saat akan ada quis atau ujian saja, sehingga terkadang hasilnya jauh dari yang diharapkan, Untuk menghadapi persoalan tersebut, penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari mahasiswapun juga berdampak pada kebiasaan belajar mahasiswa dimana penggunaan gadget sebagai media hiburan dan kemudahan untuk mengakses materi dan bahan perkuliahan membuat mahasiswa lalai dalam belajar yang mana hal tersebut berdampak pada hasil belajar mahasiswa. Maka dari itu kebiasaan belajar mahasiswa perlu dikembangkan demi tercapainya hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara: (1) kebiasaan belajar terhadap hasil belajar. (2) penggunaan gadget terhadap hasil belajar, (3) kebiasaan belajar dan penggunaan gadget terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan dilaksanakan di Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi, dengan cara menyebarkan angket melalui google form kepada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2018 sebaanyak 63 orang. Setelah angket dikembalikan kemudian data dianalisis secara kuanitatif yaitu menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolioneritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji f), uji koefisien determinasi simultan (R2 ). Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh kebiasaan beajar terhadap hasil belajar dilihat dari thitung > ttabel yaitu (5,282 > 1,99962), (2) terdapat pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar dilihat dari thitung > ttabel yaitu (3,737 > 1,99962), (3) terdapat pengaruh kebiasaan belajar dan penggunaan gadget terhdap hasi belajar dilihat dari Fhitung > Ftabel yaitu (19,028 > 3,15) dan nilai koefisien determinasi simultan (R2 ) sebesar 0,388 yang berart kontribusi kebiasaan belajar dan penggunaan gadget sebesar 38,8% sedangkan sisanya sebesar 61,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar dan penggunaan gadget berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2018. Dari peneliian ini disarankan diharapkan untuk lebih0meningkatkan sikap kebiasaan belajar dan penggunaan gadget yang baik pada saat belajar dikampus ataupun di rumah sehingga nantinya bisa meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebiasaan Belajar, Penggunaan Gadget, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | P |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 02:22 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 02:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |