Ihza, Serina Nur (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DENGAN TEMA ALAT KOMUNIKASI PADA ANAK USIA DINI DI TK SARI HUSADA KECAMATAN SAROLANGUN TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI SERINA NUR IHZA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
dapus.pdf Download (15kB) |
Abstract
ABSTRAK Ihza, Serina, Nur, A1F118021. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dengan Tema Alat Komunikasi Pada Anak Usia Dini Di TK Sari Husada Kecamatan Sarolangun Tahun Ajaran 2021/2022. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Jambi. Pembimbing 1 : Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si Pembimbing 2 : Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I Pengembangan media pembelajaran yang tepat dianggap mampu merangsang pikiran, perhatian, perasaan dan kemampuan peserta didik dalam belajar untuk mencapai kualitas pembelajaran yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran video animasi dengan tema alat komunikasi (2) mengetahui kevalidan dari media pembelajaran video animasi dengan tema alat komunikasi (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi dengan tema alat komunikasi (4) mengetahui minat peserta didik terhadap media pembelajaran video animasi dengan tema alat komunikasi. Prosedur penelitian yang digunakan peneliti yaitu model ADDIE (analyze, design, development, implementation, & evaluation). Pengembangan media pembelajaran ini telah menghasilkan produk berupa media pembelajaran video animasi yang telah memenuhi kategori sangat layak dan sangat baik berdasarkan penilaian yang diberikan oleh ahli media, ahli materi, guru, dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi yang dikembangkan telah dinyatakan valid. Tingkat kevalidan media pembelajaran video animasi sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli media mendapatkan jumlah perolehan skor sebanyak 52 dengan persentase sebesar 100% termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan, dari ahli materi mendapatkan jumlah perolehan skor sebanyak 51 dengan persentase sebesar 98% dalam kategori sangat baik. Dengan itu, media pembelajaran video animasi yang telah divalidasi oleh tim ahli media dan ahli materi telah dikatakan layak untuk diuji cobakan kepada responden yang terdiri atas 7 orang guru TK Sari Husada Kecamatan Sarolangun dan 54 orang mahasiswa PGPAUD Universitas Jambi. Sehingga diperoleh rata-rata persentase sebesar 86,7%, maka dapat disimpulkan bahwa dari keseluruhan perolehan tersebut dikategorikan sangat baik. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Animasi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Animasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Ihza |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 06:32 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 06:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |