Akbar, Riki and Kamarudin, Kamarudin and Rasdawita, Rasdawita (2022) KONSISTENSI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA GURU SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI RIKI AKBAR (A1B118090).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konsistensi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Guru SMP Negeri 17 Kota Jambi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 17 Kota Jambi pada bulan Januari sampai Februari 2022. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan metode studi kasus. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah RPP, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi dokumen, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan pendekatan saintifik dan problem based learning yang dilaksanakan oleh Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 17 Kota Jambi, pelaksanaan pembelajaran dimulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup sudah dilaksanakan, tetapi pelaksanaan pembelajaran yang tertulis RPP tidak semuanya dilaksanakan oleh guru saat proses pembelajaran di lapangan. Penelitian ini menemukan bahwa untuk pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilaksanakan oleh guru SMP Negeri 17 Kota Jambi kurang sesuai dengan RPP yang dibuat. Dari hasil penelitian disarankan untuk guru sebagai tolak ukur agar kedepannya lebih berpedoman pada RPP agar proses pelaksanaan pembelajaran secara keseluruhan dapat sesuai dengan panduan yang ada di dalam RPP, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar sesuai mestinya dan tercapai tujuan pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | AKBAR |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 02:40 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 02:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36434 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |