KONSISTENSI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA GURU SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI

Akbar, Riki and Kamarudin, Kamarudin and Rasdawita, Rasdawita (2022) KONSISTENSI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA GURU SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (281kB)
[img] Text
SKRIPSI RIKI AKBAR (A1B118090).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (317kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konsistensi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Guru SMP Negeri 17 Kota Jambi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 17 Kota Jambi pada bulan Januari sampai Februari 2022. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan metode studi kasus. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah RPP, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi dokumen, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan pendekatan saintifik dan problem based learning yang dilaksanakan oleh Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 17 Kota Jambi, pelaksanaan pembelajaran dimulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup sudah dilaksanakan, tetapi pelaksanaan pembelajaran yang tertulis RPP tidak semuanya dilaksanakan oleh guru saat proses pembelajaran di lapangan. Penelitian ini menemukan bahwa untuk pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilaksanakan oleh guru SMP Negeri 17 Kota Jambi kurang sesuai dengan RPP yang dibuat. Dari hasil penelitian disarankan untuk guru sebagai tolak ukur agar kedepannya lebih berpedoman pada RPP agar proses pelaksanaan pembelajaran secara keseluruhan dapat sesuai dengan panduan yang ada di dalam RPP, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar sesuai mestinya dan tercapai tujuan pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: AKBAR
Date Deposited: 08 Jul 2022 02:40
Last Modified: 08 Jul 2022 02:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36434

Actions (login required)

View Item View Item