PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI

Syaputra, Fikri Roykhan and Kamarudin, Kamarudin and Rustam, Rustam (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (96kB)
[img] Text
surat persetujuan.pdf

Download (328kB)
[img] Text
surat pengesahan.pdf

Download (382kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (106kB)

Abstract

Saputra, Fikri R. 2022. Pengaruh Model pembelajaran Project Based Learning dalam Menulis Teks Lapran Hasil Observasi pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Muaro Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Kamarudin, M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Rustam, S.pd., M.Hum Kata kunci: pengaruh, model PJBL, menulis teks LHO. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi.. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Muaro Jambi pada Desember 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas pre-test dan post-test yang diambil dengan menggunakan teknik Sampling purposive. Metoda penelitian yang digunakan oleh peneliti kali ini adalah metode kuantitatif . Pada penelitian ini, peneliti melakukan pengambilan data dengan melakukan beberapa tes. Hasil dari analisis data pada penelitian kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi siswa pada tahap post-test lebih tinggi dibandingkan dengan pre-test. Pengambilan keputusan ini berdasarkan pada rata-rata skor kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada tahap pre-test memperoleh nilai rata-rata 8,2, sedangkan pada tahap post-test memproleh rata-rata nilai sebesar 12 . Selanjutnya pada uji normalitas data diketahui nilai signifikansi sebesar 0,200 > 0.05, maka dapat diambil kesimpulan jika nilai residual tersebut berdistribusi normal. Berdasarkan uji normalitas data tersebut selanjutnya dilakukan uji homogenitas, berdasarkan hasil pengolan data dengan menggunkan program SPSS 25, diperoleh nilai signifikansi 0,159 > 0,05, berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa data penelitian yang diperoleh berdistribusi homogen. Selanjutnya adalah melakukan uji hipotesis dengan uji t menggunakan bantuan SPSS 25, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga bisa disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa pada data pre-test dan post-test. Berdasarkan uji N-Gain nilai seslisih antara pretest dan posetest menghasilkan nilai N-Gain. Dimana rata-rata nilai pretest sebesar 8,2 dan rata-rata nilai posttest sebesar 12 dengan rata-rata perolehan N-Gain sebesar 0,05 dan masuk dalam kategori sedang.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: SYAPUTRA
Date Deposited: 14 Jul 2022 02:10
Last Modified: 14 Jul 2022 02:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36887

Actions (login required)

View Item View Item