KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN FOUR STEP JIGSAW DAN KORELASINYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

., ERMAWATI (2022) KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN FOUR STEP JIGSAW DAN KORELASINYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (398kB)
[img] Text
SKRIPSI ERMAWATI A1C118002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Ermawati. 2022. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Four Step Jigsaw (4SJ) Dan Korelasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA N 11 Kota Jambi . Skripsi, Jambi : Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi. Pembimbing I : Prof. Dr. M Rusdi, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II : Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd., M.Si., Ph.D. Kata kunci : Four Step Jigsaw (4SJ), Kemampuan Berpikir Kreatif, Larutan Penyangga Model pembelajaran Four Step Jigsaw (4SJ) adalah model pembelajaran yang dimodifikasi dari model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Model pembelajaran 4SJ merupakan penyederhanaan sintak dari model jigsaw yang lebih kompleks. Model Four Step Jigsaw (4SJ) hanya mencakup 4 langkah yakni pendahuluan, diskusi kelompok fokus, diskusi kelompok berbagi dan diskusi kelas/review serta kesimpulan. Model pembelajaran 4SJ ini merupakan model pembelajran tipe kooperatif yang pembelajarannya secara kelompok sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran four step jigsaw (4SJ), untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran 4SJ terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan untuk mengetahui korelasi keterlaksanaann model pembelajaran 4SJ dengan kemampuan berpkir kreatif siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 3. Instrumen pnelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran four step jigsaw (4SJ) oleh guru maupun siswa dan essai kemampuan berpikir kreatif. Untuk mengetahui korelasi keterlaksanaan model 4SJ dengan kemampuan berpikir kreatif siswa digunakan uji korelasi product moment dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa digunakan uji t pired Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara keterlaksanaan model pembelajaran 4SJ terhadap berpikir kreatif siswa yang terbukti dengan hasil hitung uji r sebesar 0,64 termasuk kategori kuat dan dilakukan uji koefisien determinasi diperoleh nilai Kd sebesar 40,96% termasuk kategori sedang yang artinya model pembelajaran 4SJ berkontribusi sebesar 40,96% terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Sedangkan untuk pengaruh terdapat pengaruh model pembelajaran 4SJ terhadap berpikir kreatif siswa yang terbukti dengan hasil uji t paired dengan menggunakan SPSS sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari pada 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran 4SJ terhadap berpikir kreatif siswa Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran model 4SJ oleh guru dan siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA 3 SMA N 11 Kota Jambi terlaksana dengan kategori baik, dan terdapat pengaruh signifikan antara model pembelajaran 4SJ dengan kemampuan berpikir kreatif siswa, serta terdapat korelasi antara keterlaksanaan model pembelajaran 4SJ dengan kemampuan berpikir kreatif siswa termasuk kategori sedang.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Four Step Jigsaw (4SJ), Kemampuan Berpikir Kreatif, Larutan Penyangga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ermawati
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:36
Last Modified: 18 Jul 2022 03:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37198

Actions (login required)

View Item View Item