Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Predict Observe Explain dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Hidrolisis Garam

Wisliana, Wisliana and Syahri, Wilda and Nazarudin, Nazarudin (2022) Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Predict Observe Explain dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Hidrolisis Garam. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (92kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kurikulum 2013 revisi 2017 menuntut siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam proses pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis merupakan cara berpikir reflektif dan beralasan yang difokuskan pada pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah model pembelajaran Predict Observe Explain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran Predict Observe Explain dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kritis pada materi hidrolisis garam di kelas XI MIPA SMAN 11 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren. Subjek dalam penelitian ini hanya satu kelas yakni kelas XI MIPA 3 berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Predict Observe Explain dari guru maupun siswa dan tes essay kemampuan berpikir kritis. Korelasi antara keterlaksanaan model pembelajaran Predict Observe Explain dengan kemampuan berpikir kritis siswa dicari dengan menggunakan uji korelasi product moment. Keterlaksanaan model pembelajaran Predict Observe Explain oleh siswa sebesar 65,36% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 74,38% dengan kategori baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran Predict Observe Explain dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh rxy = 0,65 dengan tingkat hubungan kuat. Hasil uji koefisien determinasi pelaksanaan model Predict Observe Explain dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh kd= 42,63% dengan tingkat pengaruh sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Predict Observe Explain berjalan baik dan berkorelasi dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi hidrolisis garam kelas XI MIPA SMAN 11 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Predict Observe Explain, Kemampuan Berpikir Kritis, Hidrolisis Garam.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Wisliana
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:13
Last Modified: 20 Jul 2022 02:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37621

Actions (login required)

View Item View Item