Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan berpikir kritis Siswa SMA

Enjelina, Sinaga (2022) Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan berpikir kritis Siswa SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (99kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (573kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (573kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Hasil pembelajaran secara daring maupun luring masih tergolong rendah. Salah satu penyebab hal tersebut adalah kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Berdasarkan studi pendahuluan peneliti di SMAN 1 Muaro Jambi, pembelajaran saat ini belum efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah penerapan model flipped classroom. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh implementasi flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kritis Siswa SMA. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Muaro Jambi pada Mei 2022. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan Non-Equivalent pretest-posttest control group design. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian, yaitu kelas X MIPA 2 dan X MIPA 4. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan lembar keterlaksanaan model pembelajaran. Data kemampuan berpikir kritis dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase, uji Anakova dan uji t-test. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji Anakova menunjukkan bahwa model pembelajaran flipped classroom berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 65,9%. Uji t diperoleh hasil signifikansi < nilai α (0,00 < 0,005). Dengan demikian disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran flipped classroom berpengaruh signifikan (nyata) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Flipped classroom, berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: SINAGA
Date Deposited: 19 Oct 2022 06:42
Last Modified: 19 Oct 2022 06:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40402

Actions (login required)

View Item View Item