Raunatuljanah, Anisah (2022) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA MATERI REDOKS DAN KORELASINYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMAN TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
Abstract
Kurikulum 2013 lebih menekankan pada pendidikan karakter dengan pendekatan tematik dan kontekstual yang diharapkan siswa dapat menambah pengetahuannya dan mempelajari nilai-nilai karakter dan akhlak mulia dapat terwujud. Pada sistem yang diterapkan adalah sistem student center yang mana pembelajarannya berpusat pada siswa dan siswa tidak slalu mengandalkan pengajaran dari guru. Sistem pembelajaran yang berpusat pada siswa menekankan siiswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran, dan siswa diminta untuk bertanya, bekerja sama, berfikir kreatif agar siswa dapat menumbuhkan ide-ide baru maupun pengetahuan baru antar sesama siswa, hal ini dapat meningkatkan cara berfikir siswa tidak hanya pada aspek kognitif, akan tetapi pada aspek afektif dan psikomotor. Untuk mencapai kemampuan berpikir kreatif tersebut dibutuhkan solusi yang dapat membantu dan memudahkan siswa dalam meningkatkan berpikir kreatifnya. Salah satunya adalah model pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik. Model pembelajaran dengan menerapkan saintifiki yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah model Problem Solving. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Problem Solving pada materi redoks dan korelasinya terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa Sman Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran (Mix-Methode) dengan jenis model trigulasi konkuren. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan model pembelajarn baik dari guru maupun siswa, dan juga te esai untuk melihat kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment. Persentase keterlaksanaan model pembelajaran Problem Solving oleh siswa diperoleh 67,23% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kritis 78,93% dengan kategori baik. Korelasi keterlaksanaan model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif diperoleh rxy = 0,66 dalam kategori kuat. Berdasarkan hasil penelitian keterlaksanaan model pembelajaran Problem Solving dilihat dari aktivitas guru dan siswa secara keseluruhan sudah masuk ke dalam kategori baik, dan terdapat korelasi antara keterlaksanaan model pembelajaran Problem Solving pada materi Redoks terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MIPA 1 di SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kreatif, Redoks |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Jannah |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 04:17 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 04:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42917 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |