KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA PADA DISKUSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA : DALAM PERSPEKTIF TEORI ROBIN LAKOFF

Novitasari, Ella (2023) KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA PADA DISKUSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA : DALAM PERSPEKTIF TEORI ROBIN LAKOFF. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (311kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (324kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (335kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (288kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (293kB)
[img] Text
TRANSKRIP DATA.pdf

Download (587kB)
[img] Text
TABULASI DAN ANALISIS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS ELLA NOVITASARI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Ella Novitasari. 2022. Kesantunan Berbahasa Guru dan Siswa pada Diskusi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Tesis, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Urip Sulistiyo, S.Pd., M.Ed., Ph.D. (II) Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum. Kata Kunci : Kesantunan Berbahasa, Siswa, Diskusi Pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kaidah-kaidah kesantunan berbahasa siswa pada diskusi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah berdasarkan teori Robin Lakoff yang meliputi tiga kaidah, yaitu kaidah formalitas, kaidah ketidaktegasan atau pilihan, serta kaidah persamaan dan kesekawanan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan di Kelas IX A, IX B, dan IX C MTsS Mathali’ul Huda Kasang Pudak Muaro Jambi pada saat proses pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Materi Teks Cerita Pendek. Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis data rekaman yang telah penulis lakukan, ditemukan data tuturan guru dengan kaidah formalitas sebanyak 41 tuturan. 21 tuturan yang mematuhi dan 20 tuturan yang melanggar kaidah formalitas, sedangkan tuturan siswa ditemukan sebanyak 121 tuturan. 54 tuturan siswa yang mematuhi dan 67 tuturan yang melanggar kaidah formalitas. Kaidah pilihan dan kaidah persamaan tidak ditemukan data pada tuturan guru. Pada tuturan siswa ditemukan sebanyak 24 tuturan dengan kaidah pilihan. Sebanyak 3 tuturan yang mematuhi dan 21 tuturan yang melanggar kaidah pilihan. Selanjutnya, ditemukan data sebanyak 22 tuturan yang berkaitan dengan kaidah persamaan. Sebantak 12 tuturan yang mematuhi dan 10 tuturan yang melanggar kaidah persamaan. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan oleh penulis, maka dapat disimpulkan bahwa siswa-siswi MTsS Mathali’ul Huda masih belum memperhatikan kesantunan berbahasa berdasarkan teori Robin Lakoff. Hal ini, sejalan pula dengan hasil wawamcara yang dikemukakan oleh Kepala Sekolah berserta Guru Bahasa Indonesia pada tingkat kelas yang berbeda. Mereka mengatakan bahwa masih kurangnya kesantunan berbahasa siswa-siswi dalam bertutur.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesantunan berbahasa, siswa, diskusi pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Ella Novitasari
Date Deposited: 06 Jan 2023 06:35
Last Modified: 06 Jan 2023 06:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43692

Actions (login required)

View Item View Item