Novitasari, Ella (2023) KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA PADA DISKUSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA : DALAM PERSPEKTIF TEORI ROBIN LAKOFF. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (778kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
TRANSKRIP DATA.pdf Download (587kB) |
![]() |
Text
TABULASI DAN ANALISIS.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
TESIS ELLA NOVITASARI_.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Ella Novitasari. 2022. Kesantunan Berbahasa Guru dan Siswa pada Diskusi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Tesis, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Urip Sulistiyo, S.Pd., M.Ed., Ph.D. (II) Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum. Kata Kunci : Kesantunan Berbahasa, Siswa, Diskusi Pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kaidah-kaidah kesantunan berbahasa siswa pada diskusi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah berdasarkan teori Robin Lakoff yang meliputi tiga kaidah, yaitu kaidah formalitas, kaidah ketidaktegasan atau pilihan, serta kaidah persamaan dan kesekawanan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan di Kelas IX A, IX B, dan IX C MTsS Mathali’ul Huda Kasang Pudak Muaro Jambi pada saat proses pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Materi Teks Cerita Pendek. Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis data rekaman yang telah penulis lakukan, ditemukan data tuturan guru dengan kaidah formalitas sebanyak 41 tuturan. 21 tuturan yang mematuhi dan 20 tuturan yang melanggar kaidah formalitas, sedangkan tuturan siswa ditemukan sebanyak 121 tuturan. 54 tuturan siswa yang mematuhi dan 67 tuturan yang melanggar kaidah formalitas. Kaidah pilihan dan kaidah persamaan tidak ditemukan data pada tuturan guru. Pada tuturan siswa ditemukan sebanyak 24 tuturan dengan kaidah pilihan. Sebanyak 3 tuturan yang mematuhi dan 21 tuturan yang melanggar kaidah pilihan. Selanjutnya, ditemukan data sebanyak 22 tuturan yang berkaitan dengan kaidah persamaan. Sebantak 12 tuturan yang mematuhi dan 10 tuturan yang melanggar kaidah persamaan. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan oleh penulis, maka dapat disimpulkan bahwa siswa-siswi MTsS Mathali’ul Huda masih belum memperhatikan kesantunan berbahasa berdasarkan teori Robin Lakoff. Hal ini, sejalan pula dengan hasil wawamcara yang dikemukakan oleh Kepala Sekolah berserta Guru Bahasa Indonesia pada tingkat kelas yang berbeda. Mereka mengatakan bahwa masih kurangnya kesantunan berbahasa siswa-siswi dalam bertutur.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesantunan berbahasa, siswa, diskusi pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Ella Novitasari |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 06:35 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 06:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |