PUTRI, SILVIA UTAMI (2023) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB TERHADAP SISWA KELAS X SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI .pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (506kB) |
![]() |
Text
SAMPUL SKRIPSI.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
DAFTAR HALAMAN.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI SILVIA UTAMI PUTRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Teknologi pada masa sekarang semakin berkembang, tetapi masih banyak guru yang belum memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran, guru hanya terpaku pada metode ceramah sehingga membuat siswa merasa bosan terhadap proses pembelajaran untuk itu diperlukan sebuah media baru dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aplikasi Kahoot efektif jika digunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab terkhusus dalam meningkatkan hafalan mufradat terhadap siswa kelas X SMA Islam Al-Falah Kota Jambi Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan design Pre-test Post-test one group design. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi pada November 2022. Data penelitian diperoleh dari hasil melakukan pre-test dan post-test. Sampel pada penelitian ini berjumlah 62 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Kahoot efektif dalam meningkatkan hafalan mufradat siswa karena nilai signifikansi 2 tailed pada uji independent sampel test mendapatkan nilai yang lebih kecil dari pada 0.05 yaitu mendapatkan nilai 0.000. siswa juga terlihat lebih aktif ketika melakukan pembelajaran menggunakan aplikasi Kahoot. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan kelas control yang siswa nya cenderung kurang aktif karena guru mengajar hanya dengan metode ceramah. Siswa terlalu terpaku terhadap penjelasan guru sehingga hanya sedikit komunikasi timbal balik yang dilakukan oleh guru dan siswa pada kelas control. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat mengupgrade pengetahuan tentang media pembelajaran yang sesuai dengan era society 4.0 yang mana nantinya akan memudahkan guru dalam melakukan proses pembelajaran dan membuat siswa lebih aktif dan lebih semangat. Kata kunci: Kahoot, Meningkatkan, Mufrodat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kahoot, Meningkatkan, Mufrodat. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | Putri |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 07:33 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 07:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46626 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |