Penilaian Pembelajaran Menulis Teks Narasi Siswa di Kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023

Dwi Safitri, Sindi (2023) Penilaian Pembelajaran Menulis Teks Narasi Siswa di Kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
cover0200017908.pdf

Download (466kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (365kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL SINDI DWI SAFITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN (1).pdf

Download (261kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian pembelajaran menulis teks narasi siswa di kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Jambi dan mendeskripsikan kendala yang ditemukan guru mata pelajaran bahasa Indonesia dalam melaksanakan penilaian pembelajaran menulis teks narasi, baik saat merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pada ranah sikap (afektif), pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotorik) dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di MTs Muhammadiyah Kota Jambi pada Desember 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen penelitian ini berpedoman pada hasil wawancara guru dan RPP. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi. Wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru saat menerapkan penilaian pembelajaran menulis teks narasi siswa di kelas VII Mts Muhammadiyah Kota Jambi telah dilakukan melalui tahap merancang, melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dari tiga kompetensi yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Akan tetapi terdapat juga kendala yang ditemukan guru saat melaksanakan penilaian menulis teks narasi ini antara lain keterbatasan pemahaman guru mengenai penilaian, banyaknya indikator yang harus dinilai terutama pada aspek sikap serta kurangnya waktu saat melaksanakan penilaian keterampilan menulis teks narasi siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini disarankan agar pendidik lebih memahami lagi penilaian pembelajaran seperti cara merancang, melaksanakan, serta mengevaluai asesmepada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan, sehingga ketiga aspek tersebut dapat terlaksana dengan baik dan menyeluruh.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Pembelajaran, Menulis Teks Narasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: safitri
Date Deposited: 11 May 2023 06:29
Last Modified: 11 May 2023 06:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48468

Actions (login required)

View Item View Item