Dwi Safitri, Sindi (2023) Penilaian Pembelajaran Menulis Teks Narasi Siswa di Kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
cover0200017908.pdf Download (466kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL SINDI DWI SAFITRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN (1).pdf Download (261kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian pembelajaran menulis teks narasi siswa di kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Jambi dan mendeskripsikan kendala yang ditemukan guru mata pelajaran bahasa Indonesia dalam melaksanakan penilaian pembelajaran menulis teks narasi, baik saat merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pada ranah sikap (afektif), pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotorik) dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di MTs Muhammadiyah Kota Jambi pada Desember 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen penelitian ini berpedoman pada hasil wawancara guru dan RPP. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi. Wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru saat menerapkan penilaian pembelajaran menulis teks narasi siswa di kelas VII Mts Muhammadiyah Kota Jambi telah dilakukan melalui tahap merancang, melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dari tiga kompetensi yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Akan tetapi terdapat juga kendala yang ditemukan guru saat melaksanakan penilaian menulis teks narasi ini antara lain keterbatasan pemahaman guru mengenai penilaian, banyaknya indikator yang harus dinilai terutama pada aspek sikap serta kurangnya waktu saat melaksanakan penilaian keterampilan menulis teks narasi siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini disarankan agar pendidik lebih memahami lagi penilaian pembelajaran seperti cara merancang, melaksanakan, serta mengevaluai asesmepada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan, sehingga ketiga aspek tersebut dapat terlaksana dengan baik dan menyeluruh.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Pembelajaran, Menulis Teks Narasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | safitri |
Date Deposited: | 11 May 2023 06:29 |
Last Modified: | 11 May 2023 06:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |