Putra, Fathurrahman Azhari (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover fathur-halaman-1-2.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
artikel.pdf Restricted to Repository staff only Download (952kB) |
![]() |
Text
Bab 1 Fathur.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
Bab 5 Fathur.pdf Download (953kB) |
![]() |
Text
Dapus Fathur.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan fathur.pdf Download (706kB) |
![]() |
Text
Skripsi Fathurrahman Azhari Putra.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai kemampuan berpikir aljabar siswa Kelas VIII pada materi SPLDV di SMP Negeri Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Kota Jambi di kelas VIII . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa yang dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir aljabar yang dinilai dengan rubrik penilaian kemampuan berpikir aljabar yang selanjutnya dikelompokkan menjadi tiga tingkatan kemampuan berpikir aljabar yaitu kemampuan berpikir aljabar tingkat tinggi, kemampuan berpikir aljabar tingkat sedang dan kemampuan berpikir aljabar tingkat rendah.Instrumen pada penelitian ini berupa lembar tes kemampuan berpikir aljabar dan lembar pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Jambi terbagi menjadi tiga kelompok kemampuan berpikir aljabar. Pada kelompok berpikir aljabar tingkat tinggi memenuhi semua indikator kemampuan berpikir aljabar yang terdiri dari aktivitas generalisasi, abstraksi, berpikir dinamis, berpikir analitis, pemodelan, dan pengorganisasian yang dinilai baik. Pada kelompok kemampuan berpikir aljabar tingkat sedang, memiliki kemampuan generalisasi, abstraksi, berpikir dinamis, pemodelan dan pengorganisasian yang baik serta berpikir analitis yang dinilai cukup. Pada kelompok berpikir aljabar tingkat rendah memiliki kemampuan generalisasi, berpikir dinamis, pemodelan dan pengorganisasian yag dinilai baik. Sedangkan untuk berpikir analitis dan abstraksi masih dinilai kurang.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kemampuan Berpikir Aljabar, SPLDV |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Putra |
Date Deposited: | 24 May 2023 03:55 |
Last Modified: | 24 May 2023 03:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48983 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |