Minarsih, Minarsih (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN LITERASI DIGITAL DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATA PELAJARAN FISIKA MATERI GERAK LURUS. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI_MINARSIH.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN (2).pdf Download (512kB) |
Abstract
Instrumen penilaian adalah alat yang digunakan untuk melakukan penilaian atau evaluasi. Dalam penelitian ini instrumen yang dikembangkan adalah instrumen penilaian literasi digital dan keterampilan proses sains. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan instrumen penialaian literasi digital dan keterampilan proses sains pada mata pelajaran fisika materi gerak lurus. Penelitian ini berjenis R&D (research & development) dengan model yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket untuk literasi digital dan lembar observasi untuk keterampilan proses sains. Data kualitatif diperoleh berdasarkan saran dan komentar dari para validator, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari uji coba kelompok kecil. Instrumen yang telah dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh ahli dan diuji cobakan ke kelompok kecil. Data yang didapatkan dari hasil uji coba kelompok kecil kemuadian dicari nilai validitas dan relibilitasnya untuk melihat kelayakan instrumen. Hasil uji validitas dari instrumen penilaian literasi digital berada pada rentang nilai 0,516 – 0,676 dengan nilai reliabilitas 0,93 sedangkan untuk instrumen penilaian keterampilan proses sains hasil uji validitasnya berada pada rentang 0,538 – 0,731 dengan nilai relibilitas 0,92. Sehingga dari penelitian ini, instrumen penilaian literasi digital dan keterampilan proses sains yang dikembangkan valid dan reliabel. Dengan mengacu pada hasil yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian litearsi digital dan keterampilan proses sains pada mata pelajaran fisika materi gerak lurus telah layak digunakan oleh guru dan peneliti selanjutnya dalam menilai kemampuan literasi digital dan keterampilan proses sains peserta didik dalam mata pelajaran fisika materi gerak lurus.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | MINARSIH |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 01:47 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 01:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49481 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |