Wijayanti, Thezy Meilevia (2023) Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di TK DHarma Wanita Sungai Liuk Kecamatan Pesisir Bukit. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
COVER - Copy_merged.pdf Download (878kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
Skripsi Thezy 5_merged (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Halaman 7.pdf Download (509kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
Abstract
Abstrak PjBL merupakan model pembelajaran yang bersifat kreatif, inovatif, dan konstekstual di mana memberikan kebebasan bagi peserta didik untuk merancang dan membuat suatu proyek dari materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di TK Dharma wanita Sungai liuk Kecamatan Pesisir bukit. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini termasuk Pre-Eksperimental Design. Populasi penelitian ini berjumlah 16 orang anak, Sampel penelitian ini berjumlah 16 orang anak dari keseluruhan populasi yang dipilih menggunakan jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh, nilai ttabel adalah 1,7531, sedangkan nilai t yang diperoleh adalah sebesar 8,91942 , maka t > t , hal ini berarti, terdapat pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berfikir kritis anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Sungai Liuk Kecamatan Pesisir Bukit. Kata Kunci: Model PjBL, Kemampuan Berfikir Kritis Anak, Anak Usia Dini Abstract PjBL is a learning model that is creative, innovative and contextual in which it gives freedom for students to design and create a project from learning material. The purpose of this study was to determine the effect of the project based learning model on the critical thinking skills of children aged 5-6 years at Dharma Wanita Kindergarten, Sungai Liuk, Pesisir Bukit District. This research is a type of quantitative research using experimental methods. This research includes Pre-Experimental Design. The population of this study consisted of 16 children. The sample for this study consisted of 16 children from the entire population selected using saturated sampling. Data collection techniques used in this study using observation. The data analysis technique used in this study is the t-test. Based on the research results obtained, the ttable value is 1.7531, while the t value obtained is 8.91942, then t > t, this means that there is an influence of the project based learning model on the critical thinking skills of children aged 5-6 years in Sungai Liuk Dharma Wanita Kindergarten, Pesisir Bukit District. Keywords: PjBL Model, Children's Critical Thinking Ability, Early Childhood
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model PjBL, Kemampuan Berfikir Kritis, Anak usia dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > DIII Akuntansi |
Depositing User: | WIJAYANTI |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 03:03 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 02:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50025 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |