PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING BERBASIS QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPS 1 SMAN 3 MUARO JAMBI

Yulianti, Rika (2023) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING BERBASIS QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPS 1 SMAN 3 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER .pdf

Download (196kB)
[img] Text
ABSTRAK,.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (316kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text
FILE SKRIPSI RIKA.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Yulianti, Rika. 2023. Penerapan Strategi Active Learning Berbasis Question Student Have Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 3 Muaro Jambi. Skripsi, Program Studi Sarjana Pendidikan Sejarah, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Drs. Budi Purnomo M.Hum.,M.Pd. (2) Merci Robbi Kurniawanti M.Pd. Kata kunci: Keterampilan Bertanya, Active Learning, Question Student Have. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan bertanya siswa pada pelajaran sejarah kelas X IPS 1 SMAN 3 Muaro Jambi, dengan tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada mata pelajaran sejarah melalui strategi pembelajaran Active learning berbasis Question Student Have. Pembelajaran aktif sebagai bentuk pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk dapat aktif dalam belajar, sedangkan Question Student Have merupakan strategi pembelajaran yang dapat menjadikan siswa akfif dalam bertanya yang disampaikan melalui tulisan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan alur dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan menerapkan tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) observasi, (4) refleksi. Pengambilan data menggunakan angket dan lembar observasi serta sumber data dari kolaborator dan siswa. Analisa data menggunakan deskriptif untuk menjabarkan hasil observasi dan menggunakan metode kuantitatif untuk menganalisa keterampilan bertanya siswa. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan terhadap keterampilan bertanya siswa pada siklus I hasil angket sebesar 72.9%, aktivitas siswa sebesar 78.9% dan aktivitas guru sebesar 80,3%. Sedangkan pada Siklus II mengalami peningkatan pada aktivitas siswa sebesar 86.8%, aktivitas guru 89.2%, sedangkan hasil angket mengalami peningkatan yakni 80.1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Active Learning berbasis Question Student Have dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas X IPS I SMA 3 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Yulianti
Date Deposited: 26 Jun 2023 08:38
Last Modified: 26 Jun 2023 08:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51136

Actions (login required)

View Item View Item