Mendeskripsikan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Pembelajaran Lesson Study pada Materi Struktur Bumi

Widia Ningsih, Suci (2023) Mendeskripsikan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Pembelajaran Lesson Study pada Materi Struktur Bumi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (48kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (58kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (124kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas Reguler B 2022, program studi pendidikan fisika, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Jambi dalam pembelajaran lesson study dengan pendekatan STEM. Penelitian ini dilakukan di Universitas Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Fisika. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas Reguler B 2022 yang terdiri dari 24 mahasiswa. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan mixed method, dengan desain concurrent embedded design dimana peneliti mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh berupa dokumentasi seperti foto dan video/rekaman diolah dengan TBLA. Data kuantitatif diperoleh dalam penelitian ini berupa instrumen kemampuan berpikir kritis yang digunakan oleh para observer untuk mengamati setiap kegiatan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa deskripsi kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang dilakukan sebanyak tiga siklus dengan tahapan lesson study (plan, do, see). Indikator menyampaikan argumen, bertanya dan menjawab, memcahkan masalah, memberikan kesimpulan dan mengevaluasi hasil. Diketahui sudah berjalan dengan baik, ditandai dengan tercapainya indikator yang dibutuhkan peneliti. Dengan adanya lesson study dapat mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Dari hasil penelitian ini hanya membahas mengenai kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam pembelajaran lesson study. Disarankan untuk penelitian mengenai deskripsi kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran lesson study dapat meneliti aspek pembelajaran lainnya. This study aims to describe critical thinking skills 2022 B Regular class student, physics education study program, faculty teacher training and education science, Jambi University in lesson study learning with a STEM approach. This research was conducted at Jambi University, Faculty of Teaching and Science Education, Physics Education Study Program. The subjects in this study are Regular Class B 2022 students consisting of 24 students. That approach carried out in this study is a mixed method approach, by design concurrent embedded design where researchers collect qualitative data and quantitative. Qualitative data obtained in the form of documentation such as photos and video/recording processed with TBLA. Quantitative data obtained in research This is an instrument of critical thinking skills used by observers to observe student activities. The results of the research show that the description of critical thinking skills students carried out in three cycles with lesson study stages (plan, do, see). Indicators convey arguments, ask and answer, solve problems, draw conclusions and evaluate results. Known already goes well, marked by the achievement of the required indicators researcher. With the lesson study can describe the ability to think student critical. From the results of this study only discusses the ability to think critically students in lesson study learning. Recommended for research regarding the description of critical thinking skills in lesson study learning can research other aspects of learning.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Ningsih
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:59
Last Modified: 10 Jul 2023 02:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51914

Actions (login required)

View Item View Item