Pengaruh Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Pidato di Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Jambi

Nur Ilmi, Hidayatun (2023) Pengaruh Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Pidato di Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK HIDA.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I HIDA.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB V HIDA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
COVER 2 HIDA.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN HIDA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN HIDA.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Hidayatun Nur Ilmi (A1B119061) Skripsi 7 Juli 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/1

Abstract

Peneltian ini dilakukan di SMP Negeri 12 Kota Jambi pada bulan Februari 2023. Subjek dari penelitian ini menggunakan dua kelas yakni peserta didik kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah True Eksperimental Designs (eksperimen yang sesungguhnya) dengan desain yaitu Pretest Posttest Control Group Design (rancangan kelompok kontrol pretest posttes). Kelas kontrol sistem pembelajarannya menggunakan metode ceramah dan kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek. Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa nilai hasil dari menulis teks pidato pada peserta didik yang menerapkan pembelajaran berbasis proyek dan yang tidak menerapkan pembelajaran berbasis proyek. Berdasarkan hasil penelitin didapat nilai rata-rata Pretest kelas kontrol 45 dan kelas eksperimen sebesar 53,3. Kemudian nilai rata-rata Posttest kelas kontrol sebesar 65,1 dan kelas eksperimen 75,8. Hasil uji T Nilai signifikansi 2 tailed 0,006 < 0,05, maka terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model Project Based Learning (PjBL) dibandingkan model ceramah terhadap nilai menulis teks pidato pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Jambi. This research was conducted at SMP Negeri 12 Jambi City in February 2023. The subjects of this study used two classes, namely students in class VIII-2 as the experimental class and class VIII-4 as the control class. The approach used in this study is a quantitative approach to the type of experimental research. The method used in this study is True Experimental Designs (actual experiments) with the design being the Pretest Posttest Control Group Design (pretest posttest control group design). The learning system control class uses the lecture method and the experimental class uses a project-based learning method. The data obtained in this study are in the form of result values ​​from writing speech texts for students who apply project-based learning and those who do not apply project-based learning. Based on the research results, the average pretest value for the control class was 45 and the experimental class was 53.3. Then the average value of the control class Posttest was 65.1 and the experimental class was 75.8. The results of the T-test 2-tailed significance value 0.006 <0.05, so there is a significant influence on the Project Based Learning (PjBL) model compared to the lecture model on the value of writing speech texts in class VIII students of SMP Negeri 12 Jambi City.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran berbasis proyek, menulis teks pidato
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: ILMI
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:49
Last Modified: 10 Jul 2023 06:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52227

Actions (login required)

View Item View Item