ROSA, YULIA (2023) ANALISIS JUMPING TASK PADA PEMBELAJARAN LESSON STUDY DI MADRASAH ALIYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI MATERI FISIKA USAHA DAN ENERGI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI .pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
COVER....pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
Abstract
Rosa. Y 2023. Analisis Jumping Task Pada Pembelajaran Lesson Study Di Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi Materi Fisika Usaha Dan Energi” Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Nova Susanti, S.Pd., M.Pd. (II) Nenneg Lestari,S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Lesson Study, Jumping Task, Usaha dan Energi Pendidikan merupakan upaya yang disengaja dan terencana untuk menciptakan lingkungan belajar dan proses pembelajaran yang memungkinkan peserta didik secara aktif mengembangkan potensi mereka, termasuk kekuatan spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan bagi diri mereka sendiri, masyarakat, bangsa, dan negara. tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode jumping taks dan metode jumping task dapat digunakan pada pembelajaran lesson study pada pembelajaran lesson study di Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi materi fisika usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah case study, yaitu bagian dari metode kualitatif yang hendak mendalami suatu kasus tertentu secara lebih mendalam dengan melibatkan pengumpulan beraneka sumber informasi. Penelitian ini menggunakan kegiatan lesson study yang dikolaborasikan dengan metode jumping task, untuk melihat keefektifan pembelajaran yang berlangsung di kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi. Penelitian ini berlangsung dua siklus dimana siklus 1 dilaksanakan pada tanggal 08 Maret 2023 dan siklus 2 dilaksanakan pada tanggal 10 April 2023 pada materi usaha dan energi.Kegiatan lesson study pada penelitian ini terdiri dari 3 tahapan pada setiap siklusnya, yaitu: plan (perencanaan), do (pelaksanaan), dan see (refleksi). Kegiatan pembelajaran dilakukan secara tatap muka serta dihadiri oleh guru mata pelajaran Fisika Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi dan para observer, sedangkan untuk dosen pembimbing mengamati melalui aplikasi zoom meeting. Lesson study yang dikolaborasikan dengan metode jumping task dilaksanakan oleh peneliti sebagai guru model sesuai dengan desain pembelajaran yang dibuat bersama dengan tim lesson study. Siklusdan 2 yang dilakukan dapat mengarahkan siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran, hal ini dikarenakan siswa lebih banyak berdiskusi untuk memecahkan masalahnya, baik diskusi bersama guru, maupun antar teman sekelompok. Pada siklus dua guru tidak langsung memberikan solusi dari permasalahan yang ditemukan siswa, akan tetapi guru mengarahkan siswa untuk mendiskusikannya. Jika dilihat secara keseluruhan. Pembelajaran yang berlangsung di kelas kelas X IPA 2 Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi dikategorikan sebagai student centered learning (pembelajaran yang berpusat pada siswa) sehingga pembelajaran berlangsung efektif. Kegiatan lesson study yang dikolaborasikan dengan metode jumping task ini dapat diterapkan pada kegiatan pembelajaran, karena pembelajaran yang efektif dapat terlaksana dengan baik. Melalui pembelajaran ini peran guru dapat dikurangi dan siswa lebih mendominasi, sehingga siswa aktif dan pembelajaran menjadi lebih efektif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lesson Study, Jumping Task, Usaha dan Energi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | ROSA |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:03 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53269 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |