Astuti, Rika Widya and Salam, M. and Maulia, Siti Tiara (2023) Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas X Perkantoran Smk Negeri 3 Kabupaten Tebo. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
daftar rujukan.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text
lampiran.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
print Bismillah Rika Widya Astuti ACC Sidang.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan berupa rendahnya kemampuan berfikir kreatif siswa dalam pembelajaran PPKn yang berlangsung. Situasi pembelajaran yang membosankan sehingga siswa dalam menangkap materi pelajaran tidak maksimal. Penggunaan metode pembelajaran seperti metode ceramah membuat siswa mengantuk pada saat proses pembelajaran berlangsung, dan cenderung membuat interaksi siswa menjadi terbatas dan tidak berkembang, karena peserta didik hanya mendengarkan tanpa ikut serta aktif dalam proses pembelajaran. akibatnya kemampuan berfikir kreatif siswa dalam pembelajaran masih belum terlihat jelas, pengetahuan siswa hanya terbatas pada apa yang diperoleh dari guru, siswa kesulitan dalam mengembangkan pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran dan siswa tidak berani dalam mengemukakan ide, gagasan atau pendapatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas X Perkantoran Smk Negeri 3 Kabupaten Tebo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model spiral Kurt Lewin. Penelitian dilaksanakan sebanyak 3 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus dilakukan melalui 4 tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Perkantoran SMK Negeri 3 Kabupaten Tebo yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, Tes, dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian yaitu 60%. Diketahui bahwa evaluasi tes berdasarkan Indikator pada kondisi awal tingkat berpikir kreatif siswa hanya sebesar 40%. kemudian pada Siklus I meningkat 6% menjadi 46% dan pada Siklus II meningkat 7% menjadi 53%, terakhir pada Siklus III meningkat 10% menjadi 63%. Hal ini menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran Mind Mapping terjadi peningkatan kemampuanberpikir kreatif siswa kelas X Perkantoran SMK Negeri 3 Kabupaten Tebo dinyatakan berhasil karena telah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan sebesar 60%. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Mind Mapping PTK
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Mind Mapping PTK |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | ASTUTI |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 06:49 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 06:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |