Dimensi Bernalar Kritis dalam Menulis Teks Berita pada Modul Ajar di SMP N 25 Kota Jambi

Afriza, Yunita (2023) Dimensi Bernalar Kritis dalam Menulis Teks Berita pada Modul Ajar di SMP N 25 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK-1.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB 1-1.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB 5-1.pdf

Download (191kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI YUNITA pdf fix.pdf

Download (439kB)
[img] Text
Daftar pustaka-1.pdf

Download (283kB)
[img] Text
Skripsi Full Yunita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
halaman persetujuan.halaman pengesahan, pernyataan.pdf

Download (362kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dimensi bernalar kritis dalam pembelajaran teks berita pada modul ajar di SMPN 25 Kota Jambi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara,observasi dan dokumentasi dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan dari dimensi bernalar kritis, dimana siswa dituntut untuk mampu menentukan kebenaran dalam sebuah permasalahan,siswa harus mampu berpikir kritis dalam menghadapi sebuah permasalahan. Dimensi bernalar kritis dalam teks membuat siswa mampu berpikir kritis melalui penalarannya, siswa mampu mengolah dan mengevaluasi permasalahan yang mereka hadapi menjadi sebuah berita berdasarkan fakta dilapangan yang ditemukan oleh siswa. Siswa juga mampu menulis mana kalimat opini dan kalimat fakta dalam berita. Pelaksanaan dimensi bernalar kritis berjalan sesuai langkah-langkah yang terdapat didalam modul ajar,dengan penerapan dimensi ini siswa mampu berpikir kritis dalam menghadapi permasalahan. Keyword : modul ajar, bernalar kritis, teks berita The purpose of this study was to determine the application of the dimensions of critical reasoning in learning news texts in teaching modules at SMPN 25 Jambi City. The approach in this study uses a qualitative approach with a case study approach. Data collection was carried out by way of interviews, observation and documentation in the field. The results of this study indicate the results of this study indicate the application of the dimensions of critical reasoning, where students are required to be able to determine the truth in a problem, students must be able to think critically in dealing with a problem. The dimension of critical reasoning in texts makes students able to think critically through their reasoning, students are able to process and evaluate the problems they face into news based on facts found by students in the field. Students are also able to write opinion sentences and fact sentences in the news. The implementation of the critical reasoning dimension goes according to the steps contained in the teaching module, with the application of this dimension students are able to think critically in dealing with problems. Keyword : modul ajar, bernalar kritis, teks berita

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: modul ajar, bernalar kritis, teks berita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Afriza
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:40
Last Modified: 07 Sep 2023 07:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55548

Actions (login required)

View Item View Item