MUTIARA, JENI PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN DISENTRA SENI DI TK AL-FALAH KOTA JAMBI. JURNAL PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN DISENTRA SENI DI TK AL-FALAH KOTA JAMBI.
![]() |
Text
1. COVER JENI.docx Download (273kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan jeni mutiara.docx Download (15kB) |
![]() |
Text
6. BAB 1.docx Download (37kB) |
![]() |
Text
11. BAB V jeni.docx Download (30kB) |
Abstract
ABSTRAK Jenimutiara. 2018. Perkembangan KreativitasAnak Usia Dini Dalam Pembelajaran di Sentra Seni di TK Al-Falah kota jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Emosda, M.pd. Kons, dan Pembimbing II Nyimas Mu’azzomi. S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci : Perkembangan Kreativitas , Pembelajaran di Sentra Seni. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Perkembangan kreativitas anak usia dini dalam pembelajaran di sentra seni di TK Al-Falah kota jambi. Penelitian ini menggunakan metode Deksripstif Kualitatif, dengan responden dan informan adalah guru kelas di TK Al-Falah Kota Jambi. teknik pengumpulan data dilakukan mengunakan rubrik penilaian, observasi, dan wawancara. Data di analisis mengikuti teori Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas yang mengajar di TK Al-Falah Kota Jambi. terdapat 1 guru yang mengajar di sekolah tersebut dan kepala sekolah, Semua dijadikan subjek dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini bahwa Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran di Sentra seni di TK Al-Falah Kota Jambi sebagai berikut ; Pada indikator Belajar dan bermain memikirkan masalah-masalah atau hal-hal yang tidak pernah dipikirkan oleh orang lain, memilih asimetri dalam menggambar atau membuat desain, mempunyai rasa keindahan yang kuat sehingga tidak puas dengan penampilan yang kosong/sederhana, menambahkan garis-garis warna-warna dan detail-detail terhadap gambarnya sendiri atau gambar orang lain, Sedangkan di minggu pertama hanya 3.45% dan hanya 2 anak melakukan kegiatan, sedangkan di minggu kedua hanya 7.22 % dan hanya 3 anak yang bisa melakukan kegiatan tersebut dan pada kegiatan di minggu ketiga 13.75% anak yang bisa melakukan dan hanya 5 anak yang bisa melakukan kegiatan semua kegiatan seperti memikirkan masalah-masalah atau hal-hal yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain, memilih asimetri dalam menggambar atau membuat desain, mempunyai rasa keindahan yang kuat sehingga tidak puas dengan penampilaan yang kosong/sederhana, dan menambahkan garis-garis, warna-warna dan detail-detail terhadap gambarnya sendiri atau gambar orang lain yang terdapat disentra seni. Sedangkan hasil wawancara menunjukkan bahwa TK Al-Falah Kota Jambi sudah dalam memikirkan masalah-masalah atau hal-hal yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain, memilih asimetri dalam menggambar atau membuat desain, mempunyai rasa keindahan yang kuat sehingga tidak puas dengan penampilan yang kosong/sederhana, menambahkan garis-garis, warna-warna detail-detail terhadap gambarnya sendiri atau gambar orang lain.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | JENI MUTIARA |
Date Deposited: | 27 Sep 2018 06:38 |
Last Modified: | 27 Sep 2018 06:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5586 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |