PUTRI, ALFARANI MURTIA SASKIA (2023) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SISWA KELAS IX SMP NEGERI 12 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (557kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (614kB) |
![]() |
Text
Alfarani Murtia Saskia Putri SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 12 Kota Jambi, dari hasil tes kemampuan berpikir kritis yang diberikan oleh peneliti kepada siswa kelas IX diperoleh nilai persentase kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IX termasuk dalam kategori rendah yaitu 60%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang menerapkan pembelajaran blended berbasis proyek menggunakan geogebra dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang tidak menerapkan pembelajaran blended berbasis proyek menggunakan geogebra. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 12 Kota Jambi dengan menggunakan desain penelitian berupa Posttest-Only Control Design yang merupakan bagian dari bentuk True Experimental Design.. Data penelitian diperoleh dari hasil posttest kemampuan berpikir kritis kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan independent sample t-test dan Cohen’s d Effect Size. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis, penilaian proyek, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor posttest kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yang menerapkan penerapan pembelajaran blended berbasis proyek menggunakan geogebra sebesar 69,12 dan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional sebesar 63,00, serta hasil independent sample-t test diperolah nilai sig.(2-tailed) 0,000< 0,05. Dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor posttest kemampuan berpikir kritis siswa menerapakan pembelajaran blended berbasis proyek menggunakan geogebra dan kemampuan berpikir kritis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Hal ini juga diperkuat dari hasil Cohen’s d Effect Size yaitu 1,536825 dengan kategori besar, sehingga perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor posttest kemampuan berpikir kritis siswa yang menerapakan pembelajaran blended berbasis proyek menggunakan geogebra dan kemampuan berpikir kritis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional adalah tinggi. Kata kunci: pembelajaran blended, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran blended berbasis proyek, geogebra, kemampuan berpikir kritis
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran blended, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran blended berbasis proyek, geogebra, kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Putri |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 02:25 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 06:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56507 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |