Analisis Berpikir Kritis pada Pertanyaan Diskusi Mahasiswa dalam Mata Kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa PBSI FKIP Universitas Jambi

Yogi, Deri (2023) Analisis Berpikir Kritis pada Pertanyaan Diskusi Mahasiswa dalam Mata Kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa PBSI FKIP Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (267kB)
[img] Text
COVER (1).pdf

Download (355kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DERI EFRI YOGI (SKRIPSI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Efri Y, Deri. 2023. Analisis Berpikir Kritis pada Pertanyaan Diskusi Mahasiswa dalam Mata Kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa PBSI FKIP Universitas Jambi: Skripi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. R Imam Suwardi Wibowo, M.Pd (II) Priyanto, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Berpikir kritis, Diskusi , Mahasiswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis pada pertanyaan diskusi mahasiswa dalam mata kuliah analisis kesalahan berbahasa PBSI FKIP Universitas Jambi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat analisis isi. Data penelitian berupa tulisan-tulisan pertanyaan dan jawaban diskusi mahasiswa dalam mata kuliah analisis kesalahan berbahasa PBSI FKIP Universitas Jambi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain observasi dan dokumentasi. Dalam prosesnya peneliti melakukan pencatatan terhadap pertanyaan dan jawaban mahasiswa dalam mata kuliah analisis kesalahan berbahasa PBSI FKIP Universitas Jambi. Peneliti juga melakukan pengumpulan data dokumentasi berupa catatan pertanyaan diskusi mahasiswa dalam mata kuliah analisis kesalahan berbahasa PBSI FKIP Universitas Jambi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Dalam prosesnya data yang didapat direduksi, disajikan, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi antar peneliti. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa mahasiswa mampu berpikir kritis pada pertanyaan diskusi mahasiswa dalam mata kuliah analisis kesalahan berbahasa PBSI FKIP Universitas Jambi. Berpikir kritis yang terjadi meliputi beberapa kategori yakni, klarifikasi perspektif, konsekuensi dan alternatif, alasan dan bukti, dan kesepakatan dan ketidaksepakatan. Simpulan dari penelitian ini mahasiswa mampu berpikir kritis pada pertanyaan diskusi mahasiswa dalam mata kuliah analisis kesalahan berbahasa PBSI FKIP Universitas Jambi. Berpikir kritis pada pertanyaan diskusi mahasiswa dalam mata kuliah analisis kesalahan berbahasa PBSI FKIP Universitas Jambi meliputi beberapa kategori Klarifikasi, perspketif, konsekuensi dan alternatif, alasan dan bukti, dan kesepakatan dan ketidaksepakatan. Kategori berpikir kritis yang banyak muncul dalam pertanyaan diskusi mahasiswa adalah kategori perspektif, 11 pertanyaan (Data), kategori klarifikasi 8 pertanyaan (Data), kategori konsekuensi dan alternatif 5 pertanyaan (Data), kategori alasan dan bukti 2 pertanyaan (Data), dan kategori kesepakatan dan ketidaksepakatan 2 pertanyaan (Data). Efri Y, Deri. 2023. Analysis of Critical Thinking on Student Discussion Questions in the Language Error Analysis Course PBSI FKIP Jambi University: Skripi, Department of Language and Literature Education, FKIP Jambi University, Supervisor (I) Drs. R Imam Suwardi Wibowo, M.Pd (II) Priyanto, S.Pd., M.Pd. Keywords: Critical thinking, discussion, students This research aims to determine students' critical thinking skills in discussion questions in the PBSI FKIP Jambi University language error analysis course. The research method used in this research is a qualitative approach that is content analysis. The research data is in the form of written questions and answers to student discussions in the PBSI FKIP language error analysis course, Jambi University. Data collection methods used in this research include observation and documentation. In the process, researchers recorded students' questions and answers in the PBSI FKIP Jambi University language error analysis course. Researchers also collected documentary data in the form of notes on student discussion questions in the PBSI FKIP language error analysis course, Jambi University. The data analysis technique used is the data analysis technique according to Miles and Huberman. In the process the data obtained is reduced, presented and conclusions drawn. The data validity test used in this research was triangulation between researchers. The results of this research are that students are able to think critically on student discussion questions in the PBSI FKIP Jambi University language error analysis course. Critical thinking that occurs includes several categories, namely, clarification of perspectives, consequences and alternatives, reasons and evidence, and agreement and disagreement. The conclusion of this research is that students are able to think critically on student discussion questions in the PBSI FKIP language error analysis course, Jambi University. Critical thinking on student discussion questions in the PBSI FKIP Jambi University language error analysis course includes several categories of clarification, perspective, consequences and alternatives, reasons and evidence, and agreement and disagreement. The critical thinking categories that often appear in student discussion questions are the perspective category, 11 questions (Data), the clarification category 8 questions (Data), the consequences and alternatives category 5 questions (Data), the reason and evidence category 2 questions (Data), and the category agreement and disagreement 2 questions (Data).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis, Diskusi , Mahasiswa
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Yogi
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:02
Last Modified: 16 Oct 2023 03:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56755

Actions (login required)

View Item View Item