MENGIDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 8 MUARO JAMBI

SUSANTI, IRMA (2023) MENGIDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 8 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (Mengidentifikasi Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 8 Muaro Jambi)
SKRIPSI IRMA SUSANTI (A1C318104) (6).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Mengidentifikasi Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 8 Muaro Jambi)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (Mengidentifikasi Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 8 Muaro Jambi)
COVER_compressed.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text (Mengidentifikasi Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 8 Muaro Jambi)
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Mengidentifikasi Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 8 Muaro Jambi)
BAB I.pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text (Mengidentifikasi Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 8 Muaro Jambi)
BAB V.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Mengidentifikasi Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 8 Muaro Jambi)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Aspek, Kriteria, Berfikir, Kreatif Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kriteria kemampuan berfikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran fisika di SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi yang diambil pada penelitian adalah peserta didik dengan jurusan IPA, serta sampel yang digunakan adalah peserta didik dalam 3 kelas. Teknik yang digunakan adalah teknik total sampling. Analisis data dan hasil tes kemampuan berfikir kreatif merupakan analisis data deskritif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat peserta didik kategori sangat kreatif, 1 orang peserta didik kategori kreatif, 37 orang peserta didik kategori cukup kreatif, 30 orang peserta didik kategori kurang kreatif, dan 19 orang peserta didik kategori tidak kreatif. Dapat disimpulkan bahwa dari 87 peserta didik yang sudah menjawab soal essay tentang elastisitas, diperoleh hasil sebanyak 98% orang peserta didik menjawab aspek flexibility, 97.25% orang peserta didik menjawab aspek originality, 64% orang peserta didik menjawab aspek elaboration, dan 92% orang peserta didik menjawab aspek fluency. Kriteria dalam berfikir kreatif pada peserta didik di SMA Negeri 8 Muaro Jambi kelas XI IPA pada materi elastisitas tergolong dalam kategori cukup kreatif. Dari hasil penelitian tersebut, disarankan supaya pengajar lebih memperbanyak pengajaran untuk melatih kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Di samping itu, pengajar adalah pemegang peran dalam kegiatan pembelajaran yang mestinya harus meningkatkan kemampuan mengajarnya untuk mengasah kemampuan berfikir kreatif peserta didik dengan menggunakan metode dan strategi yang tepat. Abstract - The ability to think creatively in problem solving, namely solving a question that cannot use routine procedures which includes the process of understanding the problem, planning a solution, and checking the results obtained again. The research design used is descriptive research. The population taken in the research were students majoring in science, and the samples used were students in 3 classes. The technique used is total sampling technique. Data analysis and creative thinking ability test results are qualitative descriptive data analysis. Data from the analysis resulted in 0 students in the very creative category, 1 student in the creative category, 37 students in the moderately creative category, 30 students in the less creative category, and 19 students in the not creative category. It can be concluded that of the 87 students who answered essay questions about elasticity, the results obtained were 98% of students answered the flexibility aspect, 97.25% of students answered the originality aspect, 64% of students answered the elaboration aspect, and 92% of students answered the elaboration aspect. answer the fluency aspect. The criteria for creative thinking in students on elasticity material are classified as quite creative. Keywords: Aspect, Criteria, Thinking, Creative

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Aspek, Kriteria, Berfikir, Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: SUSANTI
Date Deposited: 01 Nov 2023 06:55
Last Modified: 01 Nov 2023 06:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57169

Actions (login required)

View Item View Item