Haqqah, Miftahul (2023) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PEMBELAJARAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS 1 DI SDIT NURUL HIKMAH TANJUNG JABUNG TIMUR. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (498kB) |
![]() |
Text
bab V.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (470kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (712kB) |
![]() |
Text
TESIS MIFTAHUL HAQQAH.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan keinginan pada siswa kelas I SDIT Nurul Hikmah Tanjung Jabung Timur untuk membaca dan meningkatkan pemahamannya dalam membacanya. Semakin siswa sering membaca maka semakin tinggi tingkat kemampuan membacanya. Membaca permulaan merupakan program pembelajaran yang diorientasikan kepada keterampilan membaca permulaan di kelas-kelas awal pada saat siswa mulai memasuki bangku sekolah. Kemampuan membaca ini sangat penting karena dengan membaca seseorang akan memperoleh pengetahuan yang luas tentang apa yang dibacanya. Media yang tepat merangsang siswa agar lebih tertarik untuk membaca adalah dengan menggunakan media buku cerita bergambar. Karena setiap anak suka dengan cerita, selain itu media buku cerita juga merupakan media yang relatife murah dan mudah di cari. Hasil analisis data yang diperoleh bahwasanya terjadi perbaikan proses pembelajaran dari sebelum tindakan ke siklus I dan siklus II dan persentase ketuntasan membaca permulaan yang didapatkan ada peningkatan. Pada tes awal Keterampilan Membaca permulaan siswa masih rendah dikarenakan sebagian siswa belum bisa mengenal huruf, kurang percaya diri, dan dapat diperoleh nilai rata-rata belajar siswa 68,8, kemudian pada siklus I setelah menerapkan media buku cerita bergambar terdapat peningkatan keterampilan membaca permulaan pada pembelajaran tematik disetiap siklus I. pada pertemuan 1 nilai rata-rata siswa yaitu 77, kemudian pada pertemuan II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78. Pada siklus II telah terlihat adanya keberhasilan melalui penerapan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa pada pembelajaran tematik tema 6 kelas 1 disetiap pertemuan siklus II, pada pertemuan 1 nilai rata-rata siswa yaitu 82, kemudian pada pertemuan 2 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 86. Adapun persentase siswa yang tuntas keterampilan membaca permulaan pada tes awal yaitu 28%, kemudian meningkat pada siklus I dari 28% menjadi 34%, pada siklus II persentase keterampilan membaca permulaan siswa meningkat dari 72% menjadi 81%. dari 28% menjadi 81%. Kata Kunci: Keterampilan Membaca Permulaan, Media Buku Cerita Bergambar, Penelitian Tindakan Kelas
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Membaca Permulaan, Media Buku Cerita Bergambar, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Miftahul Haqqah |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 03:57 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 03:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57488 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |