PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PPKN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SM (SEPEDA MOTOR) SMK NEGERI 3 KOTA JAMBI

FAJAR SAPUTRI, ANGGUN PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PPKN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SM (SEPEDA MOTOR) SMK NEGERI 3 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PPKN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SM (SEPEDA MOTOR) SMK NEGERI 3 KOTA JAMBI.

[img] Text
cover skripsi.docx

Download (30kB)
[img]
Preview
Image
lembar pengesahan.jpg

Download (473kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Saputri, Anggun Fajar: 2018. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PPKn terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SM (Sepeda Motor) SMK Negeri 3 Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Pembimbing I Drs. M. Salam, M. Si. Pembimbing II Heri Usmanto,S.Pd, M. Pd. Kata-kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Hasil Belajar Kompetensi guru dapat diartikan sebagai keseluruhan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang harus ada pada dirinya agar dapat menunjukkan tingkah lakunya sebagai seorang guru. Dimana kompetensi guru merupakan kunci keberhasilan pendidikan, karena keberadaan guru sangat berpengaruh terhadap sumber daya pendidikan yang ada. Salah satunya kompetensi pedagogik merupakan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh seorang guru dalam hubungannya dengan pengelolaan pembelajaran peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kompetensi pedagogik guru PPKn terhadap hasil belajar siswa kelas XI SM (Sepeda Motor) SMK Negeri 3 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019 . Jenis penelitian yang digunakan yaituEx Post Facto, dilaksanakan di SMK Negeri 3 Kota Jambi pada siswa kelas XI SM (Sepeda Motor) dengan sampel berjumlah 80 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket, kemudian diolah dengan dengan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t dengan bantuan program Microsoft Excel 2007 dan SPSS versi 16.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru PPKn sangat tinggi dengan presentase 50% dan hasil belajar dengan kategori baik dengan presentase 42,5%. Penelitian ini juga menunjukkan pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru PPKn dan hasil belajar. Besaran pengaruh dalam uji hipotesis sebesar0,744 dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05. Dalam koefisien determinasi terdapat pengaruh R2 sebesar 0,553 atau pengaruh sebesar 55,3%. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru untuk perlu meningkatkan kompetensi pedagogik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANGGUN FAJAR SAPUTRI
Date Deposited: 26 Oct 2018 02:35
Last Modified: 26 Oct 2018 02:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5832

Actions (login required)

View Item View Item